HomeSUMATERA BARATPASAMANGubernur Sumbar Irwan Prayitno Serahkan Piala WTN Kepada Kadis Perhubungan Kabupaten Pasaman

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Serahkan Piala WTN Kepada Kadis Perhubungan Kabupaten Pasaman

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan piala WTN Kepada Kadis Perhubungan Kabupaten Pasaman Afridansyah usai Upacara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 di Politeknik Pelayaran Sumbar

Pasaman, SMNNews.co.id — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi inspektur upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 yang di pusatkan di lapangan upacara Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Sumbar).
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan piala WTN Kepada Kadis Perhubungan Kabupaten Pasaman Afridansyah usai Upacara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 di Politeknik Pelayaran Sumbar, Selasa (17/9).
Dalam sambutan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang dibacakan Irwan Prayitno menyebutkan, peringatan Hari Perhubungan Nasional merupakan momentum yang tepat bagi insan Perhubungan untuk meresapi kembali apa saja yang telah diberikan.
“Dan kontribusi apa saja yang sudah kita sumbangkan untuk memajukan sektor transportasi di Indonesia,” ujar Irwan Prayitno.
Tema Harhubnas kali ini, adalah “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju”.
Sesuai dengan tema tersebut Menhub mengatakan, bahwa kehadiran transportasi tidak hanya sebatas membangun konektivitas. Ada hal lain yang juga sangat penting. Yaitu merajut nusantara.
“Melalui transportasi kita bisa lihat apa yang kita lakukan sampai pelosok tanah air. Tidak hanya melayani masyarakat maju, tapi juga melayani masyarakat tertinggal. Tidak saja di pusat bisnis, tapi juga daerah terluar,” ujarnya. 
Katanya, transportasi merajut nusantara, artinya tidak hanya menjalan konektivitas lewat transportasi tapi juga membangun soliditas,” sambung Budi Karyadi.
Dikatakan, pembangunan sarana dan prasarana transportasi dalam 5 tahun terakhir dilakukan besar-besaran. Pemerintah, ingin membangun suatu kebanggaan lewat transportasi. Sebab transportasi merupakan salah satu cermin dari daya saing dan kemajuan bangsa.
Meski begitu, Menhub meminta jajarannya tidak cepat puas dengan apa yang sudah dilakukan selama 5 tahun terakhir ini.
“Perkembangan sektor perhubungan tetap diperlukan untuk menciptakan peningkatan daya saing dan juga ketertarikan investasi,” katanya.
Hal ini juga, imbuh Gubernur telah dirasakan di Sumatera Barat. Pelayanan transportasi semakin meluas, menjangkau hingga ke pelosok desa di provinsi Sumatera Barat ini.
Dalam implementasinya, kedepan diharap agar semua pihak dapat terus  menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa untuk terus mengabdi kepada masyarakat dengan menciptakan sistem transportasi publik yang Selamat, Aman dan Nyaman.
“Untuk itu, pada kesempatan ini Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan dan memeriahkan Peringatan Harhubnas Tahun 2019 ini.
“Kedepan, Saya berharap agar sinergitas dan komunikasi antar lembaga pemerintah dapat terus dijalin untuk mendukung pencapaian program-program pemerintah,” tandasnya.
Usai upacara peringatan Harhubnas tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno langsung menyerahkan Penghargaan Wahana Tata Nugraha di bidang Kota Kecil tertib lalu lintas tahun 2019 yang baru diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Jakarta Convention Centre (JCC) Jalan Gatot Subroto, Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Minggu (15/9) kemarin.
Untuk Sumatera Barat, hanya lima kabupaten/kota yang menerima penghargaan WTN tahun 2019 ini yakni, Provinsi Sumatra Barat, Pasaman, Padang Panjang, Payakumbuh, Agam, dan Kota Pariaman.
Penghargaan berupa piala WTN itu diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan kepada lima kepala daerah di Sumbar yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatra Barat, Kepala Dinas Perhubungan Pasaman, Kadishub Padang Panjang, Kadishub Payakumbuh, Kadishub Agam, dan Kadishub Kota Pariaman.
Penghargaan WTN adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan setiap tahun. Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya. (Mad)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...