HomeBERITAGugatan Class Action Terhadap PT. AJB Bumi Putera Terus Bergulir di PN...

Gugatan Class Action Terhadap PT. AJB Bumi Putera Terus Bergulir di PN Ngawi

Nasabah PT. AJB Bumi Putera dalam satu pertemuan membahas gugatan class action pada perusahan itu. Foto:ist)

NGAWI, SMNNews.co.id – Gugatan class action dari 269 nasabah pemegang polis asuransi PT. AJB Bumi Putera di Ngawi, belum ada solusi hingga memasuki sidang ke-20 pada Selasa (9/7/2024).

Kelompok penggugat diketuai Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, telah menunjuk kuasa hukum dari LBH Amanah. Kasusnya disidangkan di PN Ngawi sejak 2023 lalu.

Selain menggugat PT AJB Bumi Putera dari perwakilan Ngawi, Jatim dan pusat, kuasa hukum para nasabah juga memasukkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai turut tergugat.

“Kami menggugat PT. AJB Bumi Putera dari cabang Ngawi, Jatim hingga pusat serta OJK. OJK sebagai pihak yang mengambil alih perusahaan ini kami nilai abai, meminta adanya mediasi pun tidak digubris,” ungkap Supriyanto, kuasa hukum penggugat dari LBH Amanah.

Supriyanto dan Surat Alexander, kuasa hukum dari LBH Amanah untuk penggugat class action di Ngawi terhadap PT. AJB Bumi Putera.

Supriyanto menerangkan, sidang berlangsung sejak Agustus 2023. Taksiran ganti rugi yang diajukan sekitar Rp10 M, meliputi klaim dari para pemegang polis sekitar Rp7 M dan sisanya ganti rugi imaterial.

Di sidang ke-20 itu, pihak penggugat mengajukan saksi salah satu tim advokasi nasabah PT. AJB Bumi Putera, Jaka Irwanta. Jaka menegaskan, PT. AJB Bumi Putera wajib membayarkan klaim nasabahnya.

PT. AJB Bumi Putera juga dinilai Jaka sebagai perusahaan yang memiliki cukup kemampuan membayar klaim nasabahnya, namun memilih ingkar.

Bila keuangan di perusahaan ini tak cukup, menurut Jaka bisa dilakukan likuidasi aset tergugat. Hasilnya dapat digunakan untuk membayar klaim nasabah.

“Pengalaman saya, setidaknya ada 10 gugatan class action di Indonesia ini terhadap PT.AJB Bumi Putera. Semuanya harus menjalani sidang panjang untuk dapat menerima dana yang sebenarnya milik mereka sendiri,” ujar Jaka di depan wartawan.

Menurut Jaka Irwanta, secara nasional aset PT. AJB Bumi Putera lebih dari nilai klaim nasabah. Di Ngawi pun perusahaan ini masih memiliki aset berupa tanah dan bangunan yang cukup berharga.

“PT. AJB Bumi Putera ini memiliki aset yang sangat cukup bahkan lebih, bila dilikuidasi dan digunakan untuk membayar kewajiban ke nasabah,” pungkas Jaka Irwanta.***

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Grand Opening RS Hermina Pasuruan, Anggota Hermina Group ke-48

PASURUAN, SMNNews.co.id - Berawal inisiatif pembangunan RS dari para dokter di Pasuruan yang mengundang Hermina untuk bersama membangun dan mengelola rumah sakit untuk masyarakat...

DPRD Kabupaten Blitar Gelar Paripurna Penyampaian Penjelasan Bupati Blitar Tentang KUA PPAS 2025

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan Bupati Blitar tentang Kebijakan Umum Anggaran dan...

Pembalap Mancanegara Mulai Berdatangan, Langsung Coba Track International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI)

BANYUWANGI, SMNNews.co.id - Para pembalap sepeda dari berbagai tim mancanegara yang akan berlaga dalam International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) sudah tiba di Banyuwangi,...