HomeBERITAGumbrekan Maheso, Hari Memanjakan Kerbau

Gumbrekan Maheso, Hari Memanjakan Kerbau

Acara Gumbregan Maheso di Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren (10/11/2019)

Ngawi, SMNNews.co.id – Kerbau identik dengan binatang yang mendukung pertanian. 

Walaupun saat ini petani lebih memilih alat modern atau memelihara sapi daripada kerbau, namun tak demikian dengan warga Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren. 

Ratusan kerbau digembalakan setiap pagi dan sore menuju dan pulang antara kandang-sungai-kandang. “Ada sekitar 700 an ekor kerbau di sini, tidak setiap hari jadi tontonan karena begitu penurut jalan ke sungai,” ujar Bejo, salah satu warga.

Bahkan, Minggu (10/11/2019) warga mengadakan Gumbregan Maheso atau hari untuk kerbau. Kerbau akan diarak oleh ratusan warga dan dimandikan ke sungai.

 Kerbau  juga dimanjakan, tidak perlu bekerja di sawah, hanya makan, berendam dan tidur. “Ini yang membuat saya jadi ingin menonton,” ujar Ayu, salah satu pengunjung.

Gumbregan Maheso ini juga sekaligus wujud rasa syukur warga desa untuk hasil pertanian dan ternak mereka. “Sebagai kearifan lokal dan mengandung nilai budaya tinggi, acara ini perlu didukung bersama,” ujar Ony Anwar, Wakil Bupati Ngawi, yang juga hadir dalam Gumbregan Maheso.

Tradisi Gumbregan Maheso sudah hidup sejak ratusan tahun lalu. Warga Banyubiru percaya hal ini akan membuat kerbau lebih sehat dan hasil pertanian melimpah. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....