HomeBERITAGunung Merapi Kembali Erupsi Pagi Ini, Awan Panas Meluncur 2 Km

Gunung Merapi Kembali Erupsi Pagi Ini, Awan Panas Meluncur 2 Km

Dokomentasi BPPTKG

Yogyakarta, SMNNews.co.id – Gunung Merapi kembali erupsi pagi ini. Muntahan awan panas erupsi mencapai jarak 2 kilometer dari puncak ke arah barat daya.

“Awan panas guguran Merapi tanggal 20 Agustus 2021 pukul 7.20 WIB,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Jumat (20/8/2021).

Hanik menjelaskan, awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 64 milimeter dan durasi 158 detik. Hingga saat ini belum ada laporan dampak awan panas.

Lebih lanjut, berdasarkan data pengamatan per 6 jam hari ini mulai pukul 00.00 hingga 06.00 tercatat gempa guguran sebanyak 75 kali, hembusan 2 kali, dan gempa tektonik jauh sebanyak 1 kali. Selain itu, pada periode yang sama teramati puluhan kali guguran lava.

“Teramati 39 kali guguran lava pijar ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter,” ungkapnya.

Kendati demikian, BPPTKG masih menetapkan status Merapi pada tingkat Siaga (Level III).

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah sungai Woro dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.(dtk)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...