HomeBERITAHadiri Brokohan Pancasila, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Blitar: Bisa Lebih Besar dan...

Hadiri Brokohan Pancasila, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Blitar: Bisa Lebih Besar dan Wajib Didukung

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Blitar Nurhadi saat menghadiri acara Kirab Gerebek Pancasila dan Brokohan dalam memperingati hari lahir Pancasila 2023

BLITAR, SMNNews.co.id – Ketua DPD Nasdem Kabupaten Blitar Nurhadi sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara Kirab Gerebek Pancasila dan Brokohan dalam memperingati hari lahir Pancasila 2023.

Dengan makan bersama 78 Tumpeng dan 2023 Takir yang dibagikan warga masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut. Yang dilaksanakan oleh Dewan Seni dan Budaya yang bekerjasama dengan pemerintah desa se-kecamatan Kanigoro, di Alun-alun Kanigoro pada Kamis (01/06/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Nurhadi menyampaikan bahwa, dirinya hadir dalam kegiatan ini sebagai tamu undangan, dan dirinya dari dulu juga sangat menyukai adanya kegiatan yang berkaitan seni, budaya dan sejarah.

“Saya sangat menyukai adanya kegiatan seperti ini, sebelumnya saya juga pernah menjabat sebagai ketua dewan kesenian di Kota Kediri periode 2005-2010. Dan di tahun 2009 saya mundur dari jabatan itu,  karena terpilih menjadi anggota DPRD. Saya mengikuti acara ini sampai akhir dan juga ikut berebut berkat/Takir pada acara ‘Kembul Bejana Ondrowino’,” jelas Nurhadi.

Dengan adanya kegiatan ini, Nurhadi juga berharap bisa menjadi lebih besar dan harus mendapatkan perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah.

“Ini adalah kearifan lokal dan nasional, dan tentunya Pancasila adalah milik kita bersama, dengan kearifan lokal merayakan hari lahir Pancasila dengan kirab dan Brokohan oleh seniman dan budayawan adalah hal yang luar biasa,” terang Nurhadi yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI ini.

Acara Kirab Gerebek Pancasila dan Brokohan dalam memperingati hari lahir Pancasila 2023

Dirinya juga menyatakan, acara yang dilaksanakan dengan swadaya ini sungguh di luar dugaan bisa semeriah dan dihadiri ratusan warga. Dan kedepannya di tahun 2024 bisa lebih meriah dengan adanya dukungan dari pemerintah.

“Tentunya saya sangat mendukung kegiatan ini, dan saya akan menginstruksikan melalui fraksi kami di DPRD Kabupaten Blitar untuk didukung agar adanya anggaran yang memadai bagi dewan seni dan budaya. Untuk mengangkat kearifan lokal pada kesenian dan kebudayaan,” tegasnya.

Pihaknya juga menyatakan, untuk tahun berikutnya dengan adanya kegiatan yang sederhana dan merakyat ini bisa menjadi lebih besar dan juga diisi dengan pagelaran kesenian.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur, karena acara yang terselenggara meskipun sederhana bisa membaur dengan masyarakat, dan saya juga berharap kedepan untuk tumpeng dan Takir tidak dibatasi dan semua unsur bisa menyumbang semua, seperti tokoh masyarakat, kepala desa, dan juga dinas-dinas, bisa terkumpul ratusan bahkan ribuan ayo kita kembul bejono ondrowino, rebutan bareng-bareng dan makan bersama,” terang Nurhadi.

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa kita semua wajib untuk mensyukuri atas kelahiran Pancasila yang telah dirumuskan oleh bapak pendiri bangsa Indonesia. Bahkan banyak dari negara-negara di timur tengah belajar tentang Pancasila, dan menjadi ‘Pilot Projects’ juga.

“Meskipun negara kita mayoritas penduduknya adalah muslim dan didalamnya juga ada beberapa agama, kita semua bisa hidup berdampingan dan rukun karena kita punya Pancasila, ini yang menjadikan banyak negara belajar di negari kita,” pungkasnya. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...