HomeBERITAHadiri Dialog dengan Pengusaha Sarang Burung Walet, Wabup Blitar Tampung Keluhan dan...

Hadiri Dialog dengan Pengusaha Sarang Burung Walet, Wabup Blitar Tampung Keluhan dan Akan Sampaikan ke Mendag

Wabup Blitar Rahmat Santoso saat hadiri dialog bersama pengusaha sarang burung walet

BLITAR, SMNNews.co.id – Kesulitan ekspor karena adanya peraturan yang memberatkan, yang dikeluhkan para pengusaha sarang burung walet baik peternak maupun pedagang di Jawa Timur, ditampung dan akan segera dikoordinasikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Blitar, Rahmat Santoso dengan Menteri Perdagangan (Mendag) untuk dicarikan solusinya.

Semalam, ucap Wabup Blitar, Rahmat Santoso, ia menghadiri undangan dialog dengan para pengusaha sarang burung walet mewakili Ketua DPW PAN Jawa Timur, Riski Sadiq.

“Kebetulan keluarga saya (bapak-ibu) juga pengusaha sarang walet, karena dianggap paham saya diminta hadir,” ujar Wabup Rahmat, Sabtu (10/12/2022).

Lebih lanjut, pria yang kini menjadi Wakil Ketua DPW PAN Jawa Timur ini menjelaskan pada dialog tersebut dia menyampaikan keluhan dan kesulitan para pengusaha sarang walet untuk ekspor, karena adanya aturan izin karantina.

“Selain ijin ekspor, juga ada izin karantina yang waktu pengurusannya bisa mencapai 6 bulan dan hanya berlaku 6 bulan,” jelasnya.

Kondisi ini, Wabup Rahmat menegaskan, tentu tidak sesuai dengan apa yang selama ini digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo, mempermudah perizinan dan memangkas birokrasi serta menghapus aturan yang tumpang tindih.

“Buktinya aturan dari Menteri Perdagangan, tidak sinkron dengan aturan Menteri Pertanian dan Bea Cukai,” tegas Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini.

Seharusnya menurut Wabup Rahmat pemerintah pusat mendukung dan mempermudah ekspor sarang walet, karena potensi devisa pendapatan negara dari sektor ini cukup besar.

“Apalagi 97-98% penghasil sarang walet dunia dari Indonesia, dengan harga berkisar Rp 10-20 juta per kilogramnya. Dengan kebutuhan dunia bisa mencapai 1.500 ton per tahun, tapi yang bisa ekspor hanya sekitar 250 ton pertahun berapa potensi kehilangan pendapatan negara setahun,” tandasnya.

Bahkan Wabup Rahmat membeberkan, kalau hasil sarang walet terbaik kualitasnya di dunia hanya dari Indonesia. Karena Indonesia dilintasi garis katulistiwa, kondisi inilah yang tidak dimiliki oleh banyak negara di dunia.

“Ini seharusnya anugerah yang bisa dimanfaatkan, apalagi hasil sarang walet 100% diekspor tidak ada yang dikonsumsi sendiri,” bebernya.

Selain menampung keluhan para pengusaha sarang walet, Wabup Rahmat juga menyampaikan gagasan dibuatnya tempat lelang sarang burung walet di Indonesia. Sehingga pedagang dan peternak bisa langsung menjual hasil mereka, pada para pembeli dari luar negeri.

“Karena ekspor dipersulit, buat saja tempat lelang yang dihadiri para pembeli dari luar negeri. Sehingga UMKM sarang burung walet juga bisa berkembang, di situ juga bisa dihitung pajak dan lainnya,” ungkap Wabup Rahmat.

Hal ini terbukti bagus untuk memasarkan produk unggulan suatu negara, serta meningkatkan nilai ekonomisnya. Seperti di Thailand yang menggelar lelang Durian Musang King, dengan mengundang negara-negara tujuan ekspor durian.

“Dengan difasilitasi negaranya, durian Musang King bisa laku sampai Rp 2 miliar per bijinya yang kualitas super. Demikian juga untuk sarang walet, kalau dilelang selain menarik negara tujuan ekspor juga bisa meningkatkan harganya,” terangnya.

Wabup Rahmat juga menambahkan, setelah berdialog dan mendengar keluhan para pengusaha sarang walet ini, akan segera menyampaikan langsung kepada Mendag, Zulkifli Hasan yang kebetulan juga Ketua Umum Partai PAN.

“Hasil dialog ini langsung saya laporkan ke Mendag, agar dicarikan solusi secepatnya. Sebulan sebelumnya permintaan ekspor dan harganya bisa sangat tinggi, karena ini sudah menjelang Imlek,” pungkasnya. (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....