HomeBERITAHari Santri Nasional 2019, Bupati Rijanto Pesan Santri Blitar Hindari Radikalisme

Hari Santri Nasional 2019, Bupati Rijanto Pesan Santri Blitar Hindari Radikalisme

Bupati Blitar Rijanto saat memberikan penghargaan pada santri berprestasi di Hari Santri Nasional 2019.

Blitar, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar apel bersama dengan para santri untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2019 pada Selasa (22/10/2019). Bertempat di Alon-alon Kanigoro apel bersama ditujukan untuk menghormati jasa para santri yang gugur dalam resolusi jihad melawan sekutu pada 22 Oktober 1945 lampau yang dimotori KH. Hasyim Asy’ari.

Apel bersama di pusat kota Kabupaten Blitar ini dipimpin langsung oleh Bupati Blitar Rijanto. Turut hadir juga Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya bupati berpesan agar para santri Kabupaten Blitar menjadikan momentum ini untuk meneladani KH Hasyim Asyari yang mempunyai nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

Apabila di masa merdeka sekarang para santri hanya perlu mengisinya dengan giat belajar, berkreasi dan berinovasi membangun daerah. Juga ikut mempererat persatuan dengan menghindari paham radikalisme yang berseberangan dengan ideologi bangsa Pancasila.

“Ayo kita perangi bersama paham radikalisme. Kita bangun daerah menuju kabupaten Blitar Lebih Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing,” kata bupati Rijanto.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan pesan pada hari santri tersebut yakni, untuk meresapi bersama-sama bagaimana mempertahankan NKRI, mencegah perbuatan yang dilarang agama terutama masalah narkoba serta bagaimana mengenai keagamaan di Kabupaten Blitar terus membumi dengan mempertahankan Ahlussunnah wal Jamah yang saat ini menjadi kekuatan untuk menolak radikalisme.

Diakhir kegiatan apel Bupati Blitar Rijanto memberikan penghargaan kepada para santri berprestasi. Bupati turut berbangga dan memberikan perhatian khusus bagi pendidikan para santri.

“Santri sejak jaman kemerdekaan sudah memiliki jasa besar membela tanah air. Gubernur Khofifah pun kemarin juga memberikan edaran perintah untuk semua masyarakat agar saat di tempat-tempat umum, sekolahan, pondok, madrasah maupun pasar pada jam 8 untuk mengheningkan cipta selama 60 detik,” kata bupati yang murah senyum ini. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pasca Pelaksanaan Operasi Ketupat, Polresta Cirebon Gelar Halal Bihalal

CIREBON, SMNNews.co.id - Pasca pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024 pengamanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Cirebon menggelar acara Halal Bihalal di...

Wali Kota Pasuruan Resmikan Gedung PLUT-KUMKM

PASURUAN, SMNNews.co.id - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, meresmikan gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Kota Pasuruan, pada Rabu (17/4/24) pagi. Peresmian tersebut dihadiri oleh...

Sebagai Momentum Kebersamaan, Polres Blitar Gelar Halal Bihalal

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah melaksanakan apel pagi, Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria menggelar kegiatan Halal Bihalal atau Silahturahmi dengan personil Polres Blitar yang berlangsung...