HomeBERITAIndeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Disdukcapil Rokan Hilir Capai 92,38 Persen

Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Disdukcapil Rokan Hilir Capai 92,38 Persen

Kadisdukcapil Rokan Hilir Andi Rahman

ROKAN HILIR, SMNNews.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan dalam pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat.

Peningkatan pelayanan ini sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Rohil Afrizal Sintong dibidang pelayanan kepada masyarakat.

Kadisdukcapil Rokan Hilir Andi Rahman saat ditemui, Jumat (8/9/2023) menyebutkan, dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya telah melakukan berbagai perbaikan dan inovasi.

Untuk segi kenyamanan bagi masyarakat sebut Andi, pihaknya telah melakukan renovasi sarana dan prasarana diantaranya ruang tunggu yang dulunya sempit kini telah menjadi luas. Penambahan loket pelayanan, penyediaan ruang menyusui, ruang anak, ruang baca, wifi, carger hp dan penyediaan air minum.

“Untuk pelayanan, kita juga menyediakan loket khusus bagi masyarakat disabilitas, Lansia maupun ibu hamil yang tidak perlu antri saat melakukan pengurusan kependudukan,” kata Andi.

Setiap pengurusan kependudukan lanjut Andi, akan diupayakan selesai hari itu juga dengan catatan dokumen persyaratan yang diajukan masyarakat lengkap. Namun jelas Andi, ada layanan yang tidak dapat diselesaikan dalam satu hari seperti pencetakan e-KTP bagi pemula yang baru merekam.

Hal ini, dikarenakan data perekam e-KTP baru harus terlebih dahulu di krim ke pusat dan menunggu pusat kembali mengirimkan data tersebut.

“Jadi kita berupaya membuat masyarakat nyaman. Loket sudah kita sediakan 12 loket untu pelayanan, 2 loket diantaranya khusus disabilitas dan merupakan prioritas seperti lansia,  ibu hamil dan ini mereka tidak perlu menunggu antrian lama dan akan mendapat pelayanan langsung,” paparnya.

Dari hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Disdukcapil tambah Andi, saat ini sudah cukup memuaskan dan berada di angka 92,38 persen. Bahkan tambah nya lagi, Ombudsman RI juga merasa kagum melihat pelayanan serta sarana dan prasarana saat melaksanakan penilaian di Disdukcapil Rokan Hilir.

Selain melaksanakan pelayanan di kantor,  Disdukcapil Rokan Hilir juga menggelar layanan jemput bola ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil.

“Dalam layanan jemput bola ini, kita juga akan berupaya memberikan layanan terbaik dan siap hari itu juga. Intinya kita akan berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (syaipul)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Acara Pentasyarufan Baznas Kabupaten Blitar di Kecamatan Wonodadi

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara Pentasyarufan yang diselenggarakan BAZNAS Kabupaten Blitar di Kecamatan Wonodadi, Senin (15/07/2024). Turut hadir dalam kegiatan tersebut,...

Polres Blitar Gelar Apel Gabungan Pengamanan Pengesahan Warga PSHT Cabang Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar menggelar apel gabungan pengamanan pengesahan warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Blitar pada malam hari ini, yang berlangsung...

Polres Blitar Kota Gelar Pengamanan Ketat pada Pengesahan PSHT

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pengesahan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Polres Blitar Kota menerapkan pengamanan ketat....