HomeSUARA DAERAHJelang Hari Raya Idul Fitri, Khofifah Pastikan Stok Daging Aman

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Khofifah Pastikan Stok Daging Aman

 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Melihat Langsung Kondisi Hewan Ternak Yang Siap Potong Di Rumah Potong Hewan Di Pegirian Surabaya

Surabaya, suaramedianasional.co.id Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, memastikan bahwa stok daging sapi menjelang Hari Raya Idul Fitri pada posisi aman. Dirinya berharap, masyarakat Jatim tidak perlu khawatir akan kebutuhan daging menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Demikian disampaikan Gubernur Jatim saat melakukan sidak di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Pegirian, Surabaya, Jumat (31/5) dini hari.

Dalam sidak tersebut Gubernur Jatim didampingi Sekdaprov Jatim, Kadisperindag Jatim, Kadis Peternakan Jatim, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Jatim.

Dirinya menjelaskan, permintaan daging sapi  menjelang Hari Raya Idul Fitri semakin meningkat. Sebagai contoh,  RPH Pegirian Surabaya setiap harinya memotong 150 sapi per hari. Jumlah tersebut meningkat pada bulan Ramadhan yang  mencapai 200 ekor sapi per hari.

“Pada H-3 Hari Raya Idul Fitri, RPH Pegirian siap meningkatkan jumlah sapi yang dipotong mencapai 250 ekor. Hal tersebut bertujuan agar memberikan rasa aman bagi masyarakat akan kebutuhan daging sapi,” ungkapnya.

Khofifah menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan daging sapi, karena stok sapi dinilai mencukupi.  Selain itu, masyarakat dipastikan akan memperoleh daging yang siap dikonsumsi dengan kualitas yang baik.

“Sapi yang akan disembelih terlebih dahulu akan ditransitkan terlebih dahulu dalam waktu tertentu. Tujuannya agar sapi tersebut saat disembelih bisa pada kondisi yang bagus, sehingga dagingnya juga berkualitas,” ujarnya.

Bagi umat muslim, lanjutnya, semua sapi yang disembelih sudah sesuai dengan kualifikasi yakni dengan melibatkan juru penyembelih halal. Sehingga, daging yang disembelih bisa dipastikan kehalalannya untuk dikonsumsi umat muslim.

Selain itu, RPH juga menyediakan dokter hewan, untuk mengecek kondisi sapi siap potong atau tidak. Ada kualifikasi sapi yang tidak boleh dipotong, yaitu sapi betina yang masih produktif.

“Tadi bisa dilihat, ada sapi yang tidak lolos kualifikasi karena sedang hamil. Pada posisi seperti ini syarat utama harus dipenuhi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah juga memastikan harga daging di beberapa pasar yang menjadi titik pantau BPS pada posisi normal. Sebagai contoh di Pasar Pucang, harga daging super pada posisi Rp. 120 ribu per kg, kualitas dibawahnya pada harga Rp. 105 ribu dan Rp. 85 ribu per kg.

“Harga tersebut masih termasuk standar harga normal,” tambahnya.(*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...