Jelang Idul Adha, Sidak Pasar Hewan

Pemeriksaan hewan oleh petugas di Pasar hewan Ngawi, Jumat (09/9/2019)
Ngawi, suaramedianasional.co.id -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan ternak sapi dan kambing di pasar hewan setempat. Hal itu guna mewaspadai penyakit berbahaya pada hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2019.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Marsudi, mengatakan, pemeriksaan itu untuk memastikan bahwa hewan yang akan digunakan berqurban dalam kondisi sehat dan aman dari penyakit.
“Setelah kami cek hari ini, belum ditemukan adanya hewan qurban baik sapi maupun kambing yang mengidap penyakit,” katanya, Jumat (09/08/2019).
Menurut Marsudi, secara umum hewan ternak yang diperiksa di Pasar Hewan Ngawi dalam kondisi baik. Terkait dengan penyakit antraks di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, dinas pertanian setempat menyatakan belum ada temuan hewan dan ternak di Ngawi dengan keluhan itu.
“Untuk mewaspadai antraks dari luar Ngawi, kita rutin melakukan pengawasan terhadap ternak yang beredar di Ngawi, diantaranya dengan melakukan pemeriksaan intensif ke pasar-pasar hewan dan musiman termasuk pengawasan di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur” pungkasnya. (and)