HomeBERITAJelang Pelantikan Presiden, Kapolres: Tidak Perlu Mobilisasi Masa, Mari Jaga Kondusifitas Lamongan

Jelang Pelantikan Presiden, Kapolres: Tidak Perlu Mobilisasi Masa, Mari Jaga Kondusifitas Lamongan

Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung didampingi Bupati Lamongan Fadeli, saat mengecek persiapan pasukan pengamanan

Lamongan, SMNNews.co.id – Petugas gabungan TNI-POLRI dan berbagai elemen Masyarakat lainya diiterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih, 20 Oktober 2019. Persiapan pengamanan tersebut berlangsung dalam apel gelar pasukan di Alon – alon Lamongan, Jumat (18/10) pagi.

Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung menyebutkan, jadi untuk imbangan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024  untuk Kabupaten Lamongan dari  Polres Lamongan menyiagakan ratusan gabungan personil dari TNI-Polri. “Kami siagakan 600 personil Polri dan 150 personil TNI serta dibantu dari berbagai elemen masyarakat Lamongan tentunya,” kata Feby usai gelar apel pasukan.

Lebih lanjut Feby menjelaskan, untuk teknis pelaksanaannya, selain melaksanakan patroli juga sambang dialog dengan masyarakat yang mempunyai potensi kerawanan konflik, karena berseberangan dengan program pemerintah. Meski demikian Lamongan saat ini dalam kondisi aman. 

“Seperti yang disampaikan Bupati Lamongan di kota ini tidak akan ada aksi-aksi yang menolak kaitanya dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Bahkan kami yakin sampai dengan pasca pelantikan semuanya bisa berjalan dengan aman dan kondusif”, jelasnya.

Feby menambahkan, untuk warga Lamongan yang datang ke Jakarta, itu dari salah satu kelompok petani hutan pada tanggal 15 September kemarin, dalam rangka mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. “Kepada seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Lamongan, kami tidak perlu mobilisasi masa. Mari bersama-sama menjaga kondusifitas Lamongan”, himbaunya. 

Ditanya untuk pengamanan di Lamongan, kata Feby, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk pengamanan terbuka. Polres Lamongan maupun jajarannya tidak menggunakan senjata. Tetapi untuk yang mobil dan tertutup seperti tim tindaknya itu menggunakan senjata lengkap. 

“Intinya untuk Kabupaten Lamongan secara umum sangat sangat kondusif yang tidak ada wilayah khusus yang menjadi potensi kerawanan. Dan kami yakin di Lamongan tidak ada pergerakan masa ataupun aksi-aksi yang mencegah daripada kegiatan pelatihan ini”, bebernya.

Dalam penyambutan dan dukungan dalam rangka pelantikan tersebut Polres Lamongan akan mengadakan parade merah putih yang akan di gelar di Alon – Alon Lamongan pada hari Minggu (20/10) pagi.  ” Kami akan adakan parade merah putih untuk menyambut dan dukungan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, besuk di Alon – Alon Lamongan,”ujarnya.

Bupati Lamongan H. Fadeli, S.H bertindak sebagai pemimpin apel dengan didampingi Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung, S.I.K dan Dandim 0812 yang diwakili oleh Kasdim 0812 Lamongan Mayor Arh GN Putu Ardana.  “Pemerintah Kabupaten Lamongan mendukung acara apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019 – 2024”, ujar Fadeli.

Fadeli mengatakan, Lamongan saat ini sudah aman dan kondusif tentu tetap siap siaga. Terbukti pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dan terakhir Pilkades serentak se-Kabupaten kemarin bisa berjalan dengan aman dan sukses. 

“Kami yakin pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober nanti akan berjalan dengan aman. Dan tentunya kami harus tetap antisipasi berbagai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dengan kesiapan baik dari TNI-Polri ni dan juga masyarakat di Lamongan,” pungkasnya.(ato)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

DPD IWO Indonesia Kabupaten Asahan Gelar Bhakti Sosial dan Halal Bihalal

ASAHAN, SMNNews.co.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Kabupaten Asahan menggelar Bhakti Sosial dan Halal Bihalal di Sekretariat IWO Indonesia...

Pemkab Jombang Fasilitasi Pemudik dengan Program Arus Balik Gratis Lebaran 2024

JOMBANG, SMNNews.co.id - Ratusan warga Jombang yang telah mendaftar untuk mengikuti Program Mudik Arus Balik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur...

Sudah Reot, Nenek Sahidah Menanti Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Kondisi Rumah Nenek Sahidah di Kelurahan Keramasan yang sudah reot dan memprihatinkan hingga saat ini belum ada kabar baik dari Pemerintahan...