HomeBERITAJelang Ramadhan, Gubernur Jatim Jamin Stok Pangan Aman

Jelang Ramadhan, Gubernur Jatim Jamin Stok Pangan Aman

Kunjungan kerja Gubernur Jatim ke Ngawi, Kamis (5/4/2021).

NGAWI, SMNNews.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Pawarangsa, menjamin stok pangan di wilayahnya, masih aman jelang datangnya Ramadhan.

Hal itu ditegaskan Khofifah saat mengunjungi Ngawi dan bertemu dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) di Desa Karangasri, Kecamatan Ngawi, Senin (5/4/2021).

“Stok pangan kita over suplai. Sembako kita sangat cukup. Memang ada sedikit kelebihan harga yakni untuk daging. Sedangkan pada stok beras, telur dan beberapa komoditi lain aman,” tegasnya.

Khofifah mengharapkan penyerapan beras disegerakan, kemudian ada normalisasi dan stabilisasi harga, sehingga petani bisa menikmati harga yang lebih baik.

Target dia, ada sekitar 10 ton beras dari Ngawi bisa diserap sesuai kualifikasi standar Bulog.

Khofifah memuji Ngawi, sebagai kabupaten dengan produksi gabah dan beras di urutan kedua terbesar se-Jatim. Sesuai rilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2021, data produksi beras sepanjang tahun lalu, Jatim di urutan tertinggi secara nasional.

“Hal ini berkat adanya daerah-daerah dengan produktifitas tinggi seperti Ngawi. Salut untuk semua petani di daerah ini,” ujarnya.

Petani juga diharap tahu standar kualifikasi gabah kering panen (GKP) yang diinginkan pasar, setidaknya menurut Bulog. Salah satu solusinya, petani harus familiar dengan kemajuan teknologi dan melaksanakan mekanisasi panen.

“Petani harus paham mekanisasi panen ini demi menjaga mutu produksi. Bulog menyerap, sedangkan petani juga siap dengan gabah yang berkualitas,” pungkasnya. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...