HomeBERITAJembatan di Slahung Putus, Ipong Tuding Penambangan Ilegal sebagai Penyebab

Jembatan di Slahung Putus, Ipong Tuding Penambangan Ilegal sebagai Penyebab

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni, saat meninjau jembatan rusak di Kecamatan Slahung, Jumat (27/03/2020)

Ponorogo, SMNNews.co.id – Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni, meninjau jembatan yang putus di Kecamatan Slahung, Jumat (27 /03/2020).

Ada dua jembatan di Slahung yang putus pada Kamis lalu akibat abrasi sungai yang cukup deras, pasca tingginya curah hujan di Ponorogo. Keduanya adala jembatan Broto dan Kambeng.

Salah satu faktor penyebab abrasi sungai semakin kuat, menurut Ipong, karena pasir dan material sungai sudah banyak hilang. Material tersebut selama ini digali oleh para penambang ilegal.

Sebenarnya, pengganti jembatan Broto yang rusak, sudah dibuatkan jembatan darurat namun tak dapat awet bertahan dan putus pula.

Pondasi jembatan Broto tampak menggantung dari atas, sebab dasar sungai telah digerus karena tingginya aktifitas penambangan pasir.

“Saya minta kepala desa dan warganya tegas menolak siapapun yang mau menggali pasir, agar hal seperti ini tidak terjadi lagi,” pesan Ipong.

Ipong sendiri menilai, perbaikan kedua jembatan sudah mendesak, mengingat bahwa jalur itu akses utama bagi lalu lintas perekonomian warga Slahung.

Bupati Ponorogo ini berencana menganggarkan sekitar Rp 2 M sampai Rp 3 M untuk merehab kedua jembatan tersebut.

“Jembatan Broto dan Jembatan Kambeng sangat penting bagi aktifitas ekonomi masyarakat. Jalur perekonomian akan ikut terhambat jika tidak segera ada perbaikan,” paparnya.

Perbaikan jembatan Kambeng akan lebih banyak menyentuh bagian pondasi, sementara rehab total akan diberlakukan untuk jembatan Broto.

“Kita rencanakan bisa lelang tahun ini agar segera dibangun, sementara ini kita akan perbaiki jembatan daruratnya lebih dulu,” tukasnya.

Ipong sendiri sudah mengeluarkan kebijakan untuk melarang truk melintas di Ponorogo, termasuk truk untuk tambang.

Sebenarnya, kebijakan itu dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19, namun diharapkan akan ikut pula efektif mengurangi penambangan pasir ilegal. (dwp)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...