HomeBERITAKabupaten Jombang Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Kabupaten Jombang Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Wakil Bupati Jombang Sumrambah saat menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Nindya untuk Kabupaten Jombang

JOMBANG, SMNNews.co.id – Malam Penganugerahan Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Hotel Padma Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu, (22/7/2023) malam, dihadiri Gubernur/ Bupati/Walikota se Indonesia.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, yang diwakili oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah, juga hadir dan menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Nindya. Penghargaan KLA diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga.

Ungkapan rasa syukur dan terima kasih disampaikan oleh Sumrambah Wakil Bupati Jombang Jombang atas diraihnya kembali Penghargaan KLA Kategori Nindya.

“Alhamdulillah, Kabupaten Jombang kembali menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Nindya tahun ini. Tiga tahun berturut turut kita mampu mempertahankan KLA kategori Ninda. Semoga tahun depan Jombang  meningkat menjadi KLA kategori Utama,” tuturnya.

“Terima kasih dan atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang Saya menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Kabupaten Jombang atas capaian prestasi ini. Sebab penghargaan dan apresiasi ini adalah hasil kerja bersama, sinergitas yang luar biasa antara Pemerintah Kabupaten Jombang yang telah bersama bersatu-padu dengan seluruh stakeholder, seluruh elemen masyarakat Kabupaten Jombang ditingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten, termasuk anak anak Kabupaten Jombang yang luar biasa,” pungkas Sumrambah Wakil Bupati Jombang usai menerima penghargaan.

KLA merupakan ajang apresiasi atas upaya Pemerintah Kabupaten/Kota bersama mitra pembangunan khususnya anak melalui forum anak dan kelompok anak lainnya untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

KLA adalah Kabupaten/Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Sementara itu, dr. Puji Umbaran Kepala Dinas PPKB PPPA Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang berdasarkan evaluasi KLA yang telah dilakukan melalui mekanisme evaluasi mandiri, verifikasi administrasi sampai ke tahap pembuktian melalui verifikasi lapangan hybrid dan verifikasi lapangan langsung berhasil mendapatkan apresiasi kategori Nindya. Evaluasi KLA ini dilakukan dengan melibatkan Kementerian Lembaga terkait, Pakar Anak, Perguruan tinggi dan mendengarkan suara anak atau aspirasi anak terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di wilayah Kabupaten Jombang.

“Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan. Penghargaan KLA terdiri dari 5 peringkat, yaitu: Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA. Sebagaimana harapan kita bersama kedepan kita bisa naik kelas meraih kategori Utama,” pungkasnya.

Pada acara tersebut selain disemarakkan dengan penampilan dan hiburan seperti Tarian Kolosal, Puisi, persembahan lagu dari Salwa (anak disabilitas), Kesenian Angklung, juga dilaunching SNI 9169:2023 Persyaratan Ruang Bermain Ramah Anak, serta Deklarasi Penyiaran Ramah Anak antara Kementerian PPPA dengan Komisi Penyiaran Indonesia. (pj)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Tingkatkan Kapasitas, Bendahara OPD di Lingkup Pemkot Batu Ikuti Program Pengabdian Masyarakat FIA UI

KOTA BATU, SMNNews.co.id  – Pemerintah Kota Batu turut berpartispasi dalam program Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Departemen Administrasi Fiskal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia...

Bupati Blitar Hadiri Acara Petik Laut di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Wates

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara Petik Laut di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo kecamatan Wates Blitar, Kamis (18/07/2024). Turut hadir dalam acara...

KPAI Kalisat Soroti Maraknya Pernikahan Usia Dini

JEMBER, SMNNews.co.id - Muhammad Zaenuri, Koordinator Penyuluh Agama Islam (KPAI) Kecamatan Kalisat menyoroti maraknya pernikahan usia dini di wilayahnya. Zainuri mengimbau masyarakat di wilayah...