HomeSUARA DAERAHKadis Perikanan Tabur Benih Nila di Desa Sirumbia

Kadis Perikanan Tabur Benih Nila di Desa Sirumbia

Kadis Perikanan Metehsa Purba bersama Danramil Kapten Kav J Surbakti, Kades Sirumbia Arijona Sitepu, BPD, perangkat desa, Karang Taruna dan sejumlah warga, saat tabur benih di Tambak Tapin, Sirumbia, Senin (11/2).
Karo, suaramedianasional.co.id – Kadis Perikanan Kabupaten Karo, Metehsa Purba, menabur benih ikan nila di tambak Desa Sirumbia Kecamatan Simpang Empat pada Senin (11/02) pukul 17.00 WIB.
Penaburan benih ikan sebanyak 2 ribu ekor didampingi Muspika Danramil Simpang Empat dan Karang Taruna Desa Sirumbia. Metehsa Purba mengatakan, “Penaburan benih ikan ini bertujuan untuk menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan. Mencegah terjadinya kepunahan ikan di perairan Kabupaten Karo, khususnya perairan Tambak Kuta Desa Sirumbia ini,” ujarnya.
Bertambahnya populasi ikan  perairan Sirumbia ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan mereka. “Jadi dua ribu benih ikan nila yang kita tabur ini bukan untuk budidaya tapi restock, maka tolong dijaga dan dirawat,” himbau Metehsa Purba.
Dinas Perikanan Karo akan melihat perkembangan atas penebaran benih nila ini, apabila bagus akan ditambah lagi sesuai kapasitas kolamnya. “Jika perkembangannya bagus dan habitatnya cocok, bisa jadi lomasi wisata memancing yang menarik dan bagus,” harap Metehsa.
Metehsa juga mengatakan, budidaya ikan menggunakan kolam terpal juga akan diujicobakan di Sirumbia. “Nanti bisa dicoba, kelihatannya cocok,” ujarnya.
Penaburan benih ikan nila ini diapresiasi antusias oleh warga dan Kepala Desa Sirumbia Kades Sirumbia, Arijona Sitepu berjanji akan menjagq dan merawat benih ikan yang sudah diberikan.
“Semoga dari 2 ribu bibit ini bisa berkembang dengan baik,” ujarnya. (ius)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...