HomeJAWA TIMURLAMONGANKampanyekan Sikap 4 S, Brigjen Pol Mamboyng: Agar Mampu Menciptakan Keutuhan...

Kampanyekan Sikap 4 S, Brigjen Pol Mamboyng: Agar Mampu Menciptakan Keutuhan Bangsa Indonesia

Sekretaris Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam, Brigjen Pol Mamboyng saat sosialisasi wawasan kebangsaan dan Bela Negara.

Lamongan ,  SMNnews. co.id – Sekretaris Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam, Brigjen Pol Mamboyng kampanyekan sikap 4 S saat menggelar  asosialisasi wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Gedung SKJ Polres Lamongan , Kamis (19/09) sore.
Mamboyng menyebutkan, apa itu empat S, pertama senyum, sapa, saling mengenal dan saling menghargai. Perilaku 4 S itu, menurut Mamboyng dimaksudkan agar mampu menciptakan keutuhan bangsa Indonesia. “Masalahnya, saat ini ada keterpengaruhan masyarakat terhadap perkembangan berita medsos yang penuh hoax, termasuk pengaruh lewat HP. Dan Mamboyng menilai pengaruh HP itu adalah mainan anak – anak,” jelasnya.
Ia mengurai, Indonesia ini negara yang damai jangan sampai diganggu. Menurutnya peradaban 4 S harus selalu dikembangkan karena itu adalah ciri khas bangsa Indonesia dan agar bangsa ini utuh. Pancasila adalah ideologi Indonesia, jangankan diganti, ditawar saja tidak boleh.
“Pancasila sebagai ideologi bangsa mengayomi semua anak bangsa siapapun mereka..Indonesai bukan negara agama, tapi negara beragama. Makanya, negara ini harus dirawat, dan dijaga agar tetap berdiri tegak. Jangan sampai ada pernah perang opini,” katanya.
Mamboyng menilai penguatan moral kebangsaan, bela negara harus dijalankan dan bagaimana komitmen anak bangsa dengan landasan Pancasila. Multi kultur harus menjadi alat pemersatu. Menurutnya Indonesia lahir dari sebuah perjuangan besar dan berat oleh para pendahulu dan bukan asal lahir begitu saja.
“Sebagai warga negara harus tahu proses kelahiran bangsa Indonesia, untuk melahirkan semangat bersatu. Merdeka sekali cukup, bagai anak tangga harus bersatu,” ungkapnya.
Lebih jauh Mamboyng menjelaskan, adil makmur sudah berjalan dan dirasakan, bagaimana cita – cita menciptakan kesejahteraan itu harus terus dirawat.Pancasila, pada sila ketiga adalah sumber kekuatan bangsa Indonesia. Berbeda – beda tapi bersatu, Bhineka Tunggal Ika, menyatukan semua suku bangsa. “Dengan bersatu, bisa menjaga musyawarah dan dialog demi menciptakan persatuan. Setiap anak bangsa harus bersatu supaya bisa menciptakan ide – ide segar,” katanya.
Wawasan kebangsaan menurutnya sangat penting, karena beraneka ragam suku dan agama bisa bersatu.Dalam penilaian Mamboyng, ia tidak melihat adanya penurunan rasa patriotisme di negeri ini. “Makanya harus tetap mengembangkan sikap 4 S. Negara Indonesia dibangun dari awal adalah pondasinya yakni Pancasila. Di dalam negara ada penghuninya dimana brandnya harus sama yakni, Bhineka Tunggal Ika,” pintanya.
Dikatakanmya Indonesia adalah ibu pertiwi, makanya seharusnya tidak ada anak yang akan merusak ibunya sendiri yakni ibu pertiwi. Kesadaran bela negara yakni hak kewajibannya dilindungi UU berjalan. Dan komitmen dari segala elemen masyarakat harus dilakukan yakni untuk membela negara. 
“Perlu selogan siapa kita, apa idelogi kita Indonesia. Semuanya harus terpanggil. Ancaman sekarang sudah berubah yakni radikalisme dan mensite yang berubah. Toleransi harus difahami, jangan tanya di Medsos,” urainya.
Mamboyng menyitir ucapan Menkopolhukam, Jenderal Wiranto, “Melawan bangsa sendiri semuanya akan rugi dan tidak ada yang beruntung. Perang itu dengan negara lain, bukan dengan bangsa sendiri,” kata Mamboyng menirukan Wiranto. (prap)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...