HomeBERITAKapolda Jatim Acungi Dua Jempol Inovasi Satlantas Polres Pasuruan, Berikut Inovasinya!

Kapolda Jatim Acungi Dua Jempol Inovasi Satlantas Polres Pasuruan, Berikut Inovasinya!

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto saat melaunching dua inovasi Satlantas Polres Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id – Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto melaunching dua inovasi Satlantas Polres Pasuruan, yakni SIM Walk Thru dan dan e-konfirmasi tilang.

Launching tersebut digelar di Halaman Belakang Mapolres Pasuruan, Rabu (12/07/2023) pagi dan dihadiri pula oleh Plh Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron, Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak dan pejabat lainnya.

Di hadapan awak media, Kapolda mengacungi jempol terobosan yang sudah dibuat oleh Polres Pasuruan dalam rangka mempermudah para pemohon perpanjangan SIM menjadi lebih praktis dan efisien.

Dikutip dari pasuruankab.go.id inovasi SIM Walk Thru ini menggunakan teknologi dan menjadi inovasi pertama kali di Indonesia.

“Ini terobosan inovasi yang luar biasa. Apalagi pertama kali di Indonesia untuk mempermudah dan mempercepat proses perpanjangan SIM,” katanya.

Begitu pula dengan e-konfirmasi tilang, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Polres Pasuruan yang telah massive dalam mengawal e-konfirmasi tilang sebagai langkah untuk mendisiplinkan para pengendara.

Perihal teknologi, menegaskan bahwa seluruh jajaran kepolisian di Jatim telah diajarkan untuk bekerja dengan teknologi. Semua itu tak lain untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan kemurahan dalam akses pelayanan kepolisian.

“Saya mengajarkan seluruh jajaran kepolisian di Jatim agar bekerja dengan teknologi, memberikan semua kemudahan, kecepatan dan kemurahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bayu menjelaskan, pelayanan SIM Walk Thru ini sudah digagas sejak agustus tahun 2022 dan terus diperbaiki selama setahun. Tujuannya untuk menghindari penumpukan antrean perpanjangan SIM.

Ruang layanan ini berada di salah satu bangunan yang dulunya digunakan untuk ruang laka. Sementara ruang laka kini menempati Pos Pier.

“SIM Walk Thru ini bertujuan menghindari penumpukan antrean perpanjangan SIM. Selama ini pelayanan SIM memang ramai. Sehingga kami pisahkan pengurusan perpanjangan SIM dan pembuatan baru,” bebernya.

Untuk perpanjangan yang dilayani di SIM Walk Thru ini, pemohonnya beragam. Bisa untuk SIM A, A umum, BI, BI umum, BII, BII umum, C dan D. Pemohon pun bakal lebih praktis karena sudah dipisahkan. Selain itu, Satlantas mengklaim pelayanan ini juga untuk menghindari jasa calo.

Untuk mendukung SIM Walk Thru, di lokasi juga didukung dengan tempat duduk santai bagi keluarga pemohon yang antre. Di tempat duduk ini mereka bisa sambil minum kopi yang sengaja disediakan gratis. Bahkan pemohon juga digratiskan untuk fotokopi.

“Baik pemohon perpanjangan SIM, keluarga atau kerabatnya yang menempati kami sediakan tempat tersendiri untuk menunggu,” terangnya. (an)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polres Blitar Kota Bantah Lamban Tangani Dumas Dugaan Penipuan Kerjasama Penambangan Pasir

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Satreskrim Polres Blitar Kota telah dan sedang menyelidiki dugaan terjadinya tindak pidana penipuan dan penggelapan yang berawal dari perjanjian kerjasama...

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Perum Bulog Hadir dalam Pasar Murah Pemkab Jember

JEMBER, SMNNews.co.id - Perum Bulog Jember membuka stand penjualan Sembako murah di even pasar murah Pemkab Jember yang ber tagline Wes Wayahe Jember Bebas...

Bupati Blitar Sampaikan Materi di Acara Workshop Green Leadership di Jakarta

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan materi di acara Workshop Green Leadership dengan Tema, Sinergitas Green Leadership untuk Masa Depan Pembangunan Lingkungan...