HomeJAWA TIMURBLITARKecam Kerusuhan 22 Mei, Ulama-Ulama di Blitar Ajak Perkuat Ukhuwah

Kecam Kerusuhan 22 Mei, Ulama-Ulama di Blitar Ajak Perkuat Ukhuwah

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M dalam kegiatan silaturahmi dengan ulama di Kabupaten Blitar.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridha rutin melakukan silaturahmi ke tokoh agama dan pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Blitar. Sehingga akan terwujud keakraban dan kekerabatan antara kepolisian dengan ulama.

Seperti pada Kamis (23/5/2019) kapolres mengunjungi KH. Ardani Ahmad Pengasuh Ponpes Jeblog Talun, KH Imam Sughrowardi, Pengasuh Ponpes APIS Gondang Gandusari, KH. Farkhan (KETUA DMI) dan Kyai Salam Musthofa Takmir Masjid Raya Wlingi.

Dalam silaturahmi itu Kapolres meminta bantuan para ulama untuk menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) Kabupaten Blitar. Rupanya dalam pertemuan ulama menyoroti tentang aksi 22 Mei di Kantor KPU dan Bawaslu RI di Jakarta.

Kecaman pada aksi 22 Mei diutarakan KH Masdain Rifai. Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar itu merasa prihatin di mana seharusnya setelah proses pemilu berakhir masyarakat seharusnya kembali bersatu, namun aksi tersebut bisa memicu perpecahan lagi.

“Kita mengecam keras kerusuhan yang dilakukan oleh para perusuh, karena dapat merusak stabilitas NKRI. Sudah ada jalur hukumnya sendiri,  jangan gunakan kekerasan untuk mencapai tujuan pribadi maupun golongan,” ucap Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar KH Masdain Rifai

Hal serupa juga disampaikan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Blitar, KH Farkhan. Menurut dia bentrokan massa yang menolak hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan aparat kepolisian hingga berujung pembakaran fasilitas umum telah mencederai perjuangan ulama, dan pendiri bangsa yang bersusah payah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Mari kita jaga kondusifitas negara Indonesia. Jika memang ada sesuatu yang terindikasi tidak sesuai aturan, silahkan salurkan lewat lembaga hukum yang berwenang,” terang KH Farkhan.

KH Farkhan ini juga tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada TNI-Polri yang telah memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Blitar.

“Demi keutuhan NKRI, ulama di Blitar, mengajak, mari bersama-sama merajut ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniyah, dan Ukhuwah Insaniyah,” tuturnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...