HomeTNIKegiatan Non Fisik Satgas TMMD Gelar Sosialisasi Pentingnya KB

Kegiatan Non Fisik Satgas TMMD Gelar Sosialisasi Pentingnya KB

Gresik, SMNNews.co.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, Kodim 0817/Gresik, kembali melaksanakan kegiatan non fisik dengan memberikan penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Jumat (25/6/2021).

Penyuluhan KB dan Kesehatan yang digelar di Desa Siwalan, Kecamatan panceng, Kabupaten Gresik. Satgas TMMD ke 111 menghadirkan Kasi pihak BKKBN Kabupaten Gresik selaku pemateri.

Ilmu pengetahuan melalui sosialisasi-sosialisasi sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada peserta, pemateri mengatakan, KB dapat memberikan banyak manfaat bagi keluarga. KB dianjurkan oleh pemerintah pusat bukan saja agar kesehatan ibu lebih terjaga, namun KB dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan sehingga keharmonisan dalam keluarga dapat ditingkatkan.

Akan tetapi ada manfaat lain yang tak kalah pentingnya, dengan mengikuti KB, secara tidak langsung dapat mencegah anak dari kekurangan gizi, sehingga tumbuh kembangnya lebih terjamin dan kebutuhan ASI Eksklusif selama 6 bulan relatif dapat terpenuhi.

Secara ekonomi, mengikuti program KB dapat mengurangi kebutuhan rumah tangga. Di lain sisi, lanjutnya, KB dapat memberikan akses yang lebih luas untuk meningkatkan dan menambah penghasilan keluarga.

“Logikanya sangat sederhana, dengan ber-KB maka jumlah anak akan lebih sedikit dari yang seharusnya, sehingga kebutuhan hidup sehari-hari, biaya kesehatan dan pendidikan anak serta kebutuhan lainnya dapat ditekan seoptimal mungkin, “urai pemateri.

Dengan melakukan KB, tambahnya lagi, keluarga tidak banyak direpotkan untuk mengurus anak, maka keluarga lebih berkesempatan untuk berwirausaha sehingga kemandirian ekonomi akan lebih dapat diwujudkan.

“Yang harus dipahami adalah program KB itu tidak semata-mata berurusan dengan kontrasepsi, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana keluarga mengatur kehidupannya kelak secara lebih terencana melalui Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga fungsi-fungsi keluarga yang terdiri dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan dapat dijalankan secara optimal.

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...