HomeBERITAKeluarkan Surat Edaran, KONI Ngawi Dinilai Lepas Tangan Atas Atlet yang Akan...

Keluarkan Surat Edaran, KONI Ngawi Dinilai Lepas Tangan Atas Atlet yang Akan Berlaga di Porprov Jatim 2022

Sekretaris FORKI Ngawi. Mirico Mariyanto, sayangkan terbitnya SE KONI Ngawi yang dapat lemahkan semangat atlet berlaga di ajang Porprov Jatim 2022.

NGAWI, SMNNews.co.id – KONI Ngawi tengah disorot. Ini setelah lembaga yang menangani olahraga itu mengeluarkan surat edaran No 110/KONI-NGAWI/V/2022.

SE itu tentang permintaan agar setiap atlet dari semua cabang olahraga yang ikut dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim dimohon membuat surat pernyataan.

Isinya, menyatakan apabila terjadi sesuatu terhadap diri atlet, seperti cedera badan/MD (meninggal), atlet tak akan menuntut KONI atau pihak manapun. Surat tersebut dikirim ke Sekretariat KONI Kabupaten Ngawi sebelum 3 Juni 2022.

Tak pelak, hal ini menimbulkan reaksi beragam dari pengurus cabor. Apalagi, bagi cabor laga yang full body contact dan rentan resiko cedera.

“Kami sangat sayangkan adanya SE KONI itu. Ini jadi bukti ke sekian bahwa olahraga tidak diperhatikan oleh KONI dan dalam hal ini termasuk Pemkab Ngawi,” ujar Mirico Mariyanto, Sekretaris FORKI (Federasi Olahraga Karatedo Indonesia) Ngawi.

Menurut Mirico, selama ini setiap cabor sudah banyak berlatih dan menyiapkan atlet mereka sendiri tanpa banyak dibantu pendanaan maupun fasilitasi KONI.

Selama ini, para atlet maupun offisial memilih diam dan tak mempertanyakan. SE KONI Ngawi itu justru bisa mematahkan semangat juang para atlet yang akan berlaga demi nama baik daerahnya.

“Bahkan, adanya tawaran dari daerah lain untuk memakai atlet-atlet kita saja, ditolak demi bisa berlaga atas nama Ngawi,” ujarnya.

Selama ini, sebagian besar atlet beserta offisialnya, juga rata-rata sudah sadar untuk ikut asuransi, sehingga KONI tak perlu memperjelas upaya lepas tangannya itu melalui SE.

“Rangkaian seleksi kami toh mandiri, tidak pula diasuransikan KONI Ngawi. Asuransi bagi atlet Porprov terbukti baru akan berlaku 2 Juni nanti, jelang perhelatan. Jadi selama ada seleksi atau latihan demi Poprov ini, atlet tak dijamin, tak diperhatikan. Untung baik tidak terjadi apa-apa selama ini pada para atlet saat tahap seleksi,” ujarnya.

Mirico mengaku cabor karate mendapat undangan rapat di KONI Kamis mendatang, terkait pemberangkatan atlet ke Porprov.

“Kami tunggu hari itu. Kalau SE tetap diberlakukan, kami pikir ulang untuk berangkatkan atlet ke Poprov. Kami sebenarnya siapkan 12 atlet ke laga Porprov Jatim 2022 ini,” tukas Mirico.

Sekretaris Kabupaten Ngawi yang juga Ketua Pertina Ngawi, Sodik Tri W, mengaku juga sudah mendengar keresahan para atlet, offisial dan pelatih terkait keluarnya SE KONI itu.

Namun dia masih menunggu hasil pembahasan rapat KONI Kamis mendatang. Sodik juga sudah diberitahu bahwa semua atlet telah diasuransikan. KONI Ngawi sendiri selama ini juga menerima anggaran melalui hibah APBD.

“Jadi kami juga masih menunggu pertemuan itu, tapi ada kok jaminan KONI bahwa atlet Poprov Jatim 2022 semua ikut asuransi,” kelit Sodik.

Sayangnya, sorotan terhadap surat edaran itu belum ada tanggapan dari KONI Ngawi. Ketua KONI Ngawi, Faisol, belum dapat dikonfirmasi sebab saat dihubungi masih dalam acara di luar kota. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1445 H/2024 M

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar peringatan Nuzulul Qur'an yang didahului dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh yang bertempat di Masjid Agung Ahmad...