HomeBERITAKelurahan Tangkil Kecamatan Wlingi, Adakan Giat Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2022

Kelurahan Tangkil Kecamatan Wlingi, Adakan Giat Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2022

Kepala Desa Tangkil bersama penerima BPJS ketenagakerjaan

BLITAR, SMNNews.co.id – Giat sosialisasi BPJS ketenagakerjaan Tahun 2022, Kelurahan Tangkil Kecamatan Wlingi , dihadiri Dinas Disnakertrans Kabupaten Blitar, Petugas BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Blitar, Ketua PKK Kecamatan Wlingi, PKK kelurahan Tangkil, RT/RW se-Kelurahan Tangkil, BPD Kelurahan Tangkil, Babinsa Kelurahan Tangkil, Babinkamtibmas Kelurahan Tangkil dan Setab Kelurahan Tangkil, Selasa (26/07/2022) di Gedung Serbaguna Kelurahan Tangkil.

Wahyudiono dari Dinas Depnakertran Kabupaten Blitar disela acara tersebut mengatakan, sesuai dengan instruksi Presiden nomer 2 Tahun 2021 untuk optimalisasi kepersetaan BPJS tenagakerjaan, maka Dinas tenaga kerja dalam hal ini memberikan Stimulus kepersetaan BPJS tenagakerjaan kepada pekerja rentan dan pekerjaan bukan penerima upah.

“Contohnya pedagang sayur keliling, tukang deres kelapa dan lainnya seperti itu dan kami memberikan program Stimulus kepersetaan, sehingga selama 4 bulan hingga berikutnya warga tinggal melanjutkan kepersetaan BPJS ketenagakerjaan itu,” ucapnya.

Baca Juga : Karena Dua Orang Tewas, Peracik Miras Oplosan Terancam 20 Tahun Penjara

Maka kepersetaan itu akan bisa mandiri dan tidak mahal hanya enam belas ribu delapan ratus Rupiah (Rp 16.800,-) perorang kepersetaan. Perbulan sudah mendapatkan dua jaminan kesehatan yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kalau meninggal (JKM ), mudah-mudahan program ini bermanfaat bagi warga Tangkil khususnya warga yang disektor non pengupahan bekerja mandiri.

“Untuk tahun ini karena kondisi masih covid dan keterbatasan anggaran, tahun ini ada target 150 kepesertaan. Di Kelurahan Tangkil ada 100 tenaga kerja mandiri yang kami bantu Stimulusnya dan satunya di Kelurahan Kamulan Kecamatan Talun 50 kepesertaan. Semoga program ini bermanfaat bagi warga Kelurahan Tangkil dan Kelurahan Kamulan,” tegas Wahyudiono.

Dian dari BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Blitar menjelaskan, jadi untuk BPJS ketenagakerjaan selama ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, jadi kita mengadakan Sosialisasi ini. Yang pertama untuk memperkenalkan BPJS ketenagakerjaan kepada masyarakat.

“Terkait dengan manfaat dan kegunaan BPJS ketenagakerjaan tersebut tujuan kita agar masyarakat pekerja ini nantinya akan terlindungi semua sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan. Karena untuk BPJS ketenagakerjaan itu adalah hak setiap pekerja diperusahaan agar nanti perusahaan punya tanggung jawab dengan pekerjanya,” jelas Dian.

Supardi Lurah Tangkil mengatakan, untuk kegiatan Stimulus dari Dinas Disnakertrans Kabupaten Blitar yang memberikan dan memfasilitasi terutama untuk PKK kemudian Kader posyandu, orang yang bekerja non formal, tukang entek dan pedagang kecil yang perlu dilindungi.

Baca Juga : Kapolres Ngawi Siap “Blender” Oknum Anggota yang Bekingi Pupuk Ilegal dan Tindak Kejahatan

“Masalah ketenagakerjaan nantinya ketika ada resiko kecelakaan dan sampai meninggal ini diberikan perlindungan terhadap keselamatannya, sehingga ini luar biasa sangat bermanfaat bagi Warga Tangkil,” tuturnya.

Dengan ini Kelurahan Tangkil mendapatkan 100 orang kepesertaan yang diberikan bantuan selama 4 bulan dibayar oleh pemerintah Kabupaten Blitar.

“Dana pancingan ini nanti diharapkan masyarakat bisa terketuk hatinya, kemudian bisa melindungi dirinya dengan ikut di BPJS ketenagakerjaan. harapannya jika kerjanya beresiko dan bila nanti terjadi kecelakaan kerja sampai resiko kematian bisa terlindungi. Semoga dengan Program ini masyarakat Kelurahan Tangkil akan terlindungi hak keselamatannya dalam bekerja bermanfaat untuk warga Tangkil,” pungkas Supardi Lurah Tangkil. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...