HomeSUARA DAERAHKembangkan Ekspor Jatim ke Malaysia, Wagub Emil Sambut Pengusaha Tawau

Kembangkan Ekspor Jatim ke Malaysia, Wagub Emil Sambut Pengusaha Tawau

Wakil Gubernur Prov Jatim Emil Elestianto Dardak Berikan Sambutan Hangat Pada Acara Kunjungan Kerja Dari Tawau Malaysia Di Kantor Gubernur

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menyambut baik puluhan pengusaha asal Tawau, Sabah, Malaysia yang berkunjung di Jawa Timur. Sambutan hangat itu diberikan Wagub Emil Dardak saat rombongan pengusaha negeri Jiran itu diterima di Kantor Gubernur Jl. Pahlawan no. 110, Surabaya, Rabu (24/7) siang.

Dalam pertemuan tersebut, mantan Bupati Trenggalek itu menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan kerjasama antara Jatim dengan Tawau, khususnya bidang perdagangan. Apalagi, menurut Emil Dardak, saat ini Pemprov Jatim tengah berupaya meningkatkan angka ekspor di wilayahnya. 

“Silahkan mengakses pasar Jawa Timur untuk Tawau. Jadi kita sama-sama mendorong middle trade,” sebutnya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, produk-produk asli Jatim yang berpotensi untuk diekspor ke Tawau dinilai cukup banyak. Diantaranya, potensi hasil laut, makanan-minuman, serta kerajinan tangan (handycraft). Dengan kondisi tersebut, Wagub Emil mengaku optimis bahwa Jawa Timur tak hanya bisa berperan sebagai produsen saja, namun juga mampu menjadi pasar.

“Jadi kalau melihat potensi sebagai produsen maupun market, Jawa Timur sangat potensial,” jelasnya.

Dihadapan para pengusaha asal Tawau Malaysia, Emil Dardak pun berpesan agar tidak ada keraguan dalam menyampaikan keluhan dan hambatan yang terjadi nantinya. Dirinya mengharapkan agar para pengusaha Tawau bisa berkonsultasi melalui Konsulat Republik Indonesia di Tawau untuk kemudian diteruskan ke Pemprov Jatim untuk ditindaklanjuti.

“Kalau ada hambatan-hambatan tolong bisa dikoordinir dengan Ibu Tina, selaku perwakilan Konsulat RI untuk selanjutnya bisa disampaikan ke kami,” ujarnya. 

Kedepanya, Wagub berharap, Jawa Timur bisa menjadi gerbang ekspor tak hanya lokal Jatim saja, namun bisa mencakup wilayah sekitar Bali dan Jawa Tengah. Untuk itu, dirinya mengusulkan agar terjadi pembahasan lebih lanjut tentang potensi produk yang diminati kedua daerah, yakni antara Jatim dan Tawau.

 “Mari kita menyetujui komoditi-komoditi yang diminati dari Jatim maupun dari Tawau,” ujarnya. 

Sementara itu, Konsulat Jenderal RI untuk Tawau Malaysia, Septania Rubi Preswari menyampaikan, bahwa saat ini sebagian besar kargo yang masuk ke Tawau masih dalam bentuk kubikasi atau pallet. Belum dimungkinkan untuk akses container besar. Pihaknya bersama dengan Pemerintah Daerah Tawau sedang berkoordinasi untuk membuka jalan baru guna mempermudah akses antar wilayah. (*) 

 

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...