HomeSUARA DAERAHKembangkan SMK dan SMA Double Track Jatim, Berikan Pengurangan Pajak Bagi Perusahaan...

Kembangkan SMK dan SMA Double Track Jatim, Berikan Pengurangan Pajak Bagi Perusahaan yang Bermitra

Pemprov Jatim Gandeng DUDI Kembangkan SMA SMK Double Track

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Dalam meningkatkan kualitas lulusan SMA/SMK Jawa Timur, Pemprov Jawa Timur kini tengah giat menjaring Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk bermitra memberikan keahlian pada para siswa yang masih duduk di bangku sekolah. Khususnya untuk siswa SMK dan SMA Double Track yang tengah diinisiasi Pemprov Jawa Timur.

Tak tanggung-tanggung, Pemprov Jawa Timur bakal memberikan kompensasi berupa pengurangan pajak bagi DUDI yang berkerjasama memberikan kesempatan praktik kerja, pemagangan, dan atau pembelajaran untuk SMA SMK di Jawa Timur.

Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (29/7/2019). Gubernur perempuan pertama Jatim ini mengatakan pemberian kompensasi itu sesuai dengan aturan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019.

PP yang baru terbit bulan lalu tersebut mengatur tentang Penghitungan Penghasilan Kena Pajak dan Pelunasan Pajak Penghasilan dalam Tahun Berjalan.

“Kita menyambut baik keluarnya PP tersebut, DUDI yang bersedia menyelenggarakan praktik kerja, pemagangan, atau pembelajaran berbasis kompetensi tertentu dapat diberikan pengurangan atau insentif pajak super deduction penghasilan bruto,” urai Khofifah.

“Besarnya pengurangan pajak itu paling tinggi 200 persen dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan praktik kerja, pemagangan, dan atau pembelajaran,” lanjut wanita yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Sosial di Kabinet Kerja tersebut.

Dengan adanya regulasi ini, dikatakan Khofifah, pihaknya akan mendorong DUDI untuk memberikan fasilitas bagi sekolah SMA dan SMK di Jawa Timur. Khususnya untuk tiga sekolah di Jawa Timur yaitu SMK Negeri 4 Malang, SMK Negeri 11 Malang ,  SMK Negeri 5 Bojonegoro dan SMK Muhammadiyah 7 gondanglegi Malang  yang kini ditunjuk sebagai pilot project.

Masing-masing ditunjuk untuk kompetensi keahlian di bidang Ekonomi Digital, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Pemboran Minyak dan Gas. Pemilihan tiga sekolah tersebut dikatakan Khofifah adalah hasil penunjukan pemerintah pusat tepatnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Jadi ada hasil pertemuan dan koordinasi antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan sembilan provinsi pada hari Kamis 25 Juli 2019 lalu, disepakati bahwa akan ada perjanjian kerja sama (MoU) secara bersma-sama untuk mendorong Dunia Usaha dan Industri (DUDI) menjalin mitra kerja sama dengan 17 SMK di 9 provinsi itu dalam bentuk magang dan atau pembelajaran,” kata Khofifah.

Sebanyak 17 SMK tersebut sekaligus dijadikan pilot project pengembangan sekolah untuk praktek kerja, pemagangan, dan pembelajaran dalam rangka peningkatan kompetensi keahlian tertentu agar dapat menjadi tenaga kerja menengah yang terampil dan siap pakai.

“Nah yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat adalah tiga sekolah tersebut,” tegas Khofifah.

Karena itu Pemerintah Jawa Timur bertekat untuk mendorong dan memfasilitasi DUDI bersedia bermitra dan kerja sama, serta membantu SMK dan SMA yang ditunjuk sebgai pilot project tersebut.

Dengan memberikan fasilitas tersebut bagi para siswa, maka DUDI di Jawa Timur akan berkontribusi untuk ikut meningkatkan serapan tenaga kerja ketika siswa lulus dan mengurangi pengangguran.

Konsep SMA Double Track Jatim

Meski yang ditunjuk sebagai pilot project hanya tiga sekolah SMK, namun, Pemerintah Jawa Timur akan mengembangkan MoU ini untuk sekolah SMA melalui program SMA Double Track.

Program ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para lulusan SMA yang tidak dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dapat disiapkan tenaga kerja menengah yang siap pakai.

Pembelajaran di SMA dengan focus pada penguatan di bidang Akdemis, akan ditambahkan dengan Pendidikan Vokasional di luar jam pelajaran.

Pola pembelajaran vokasional pada SMA pada dasarnya sama dengan yang dilakukan untuk SMK yaitu melalui kemitraan dan kerja sama antara Dunia Usaha dan Industri (DUDI) dengan SMA yang ditunjuk sebagai pilot project SMA Double Track.

Kompetensi keahlian dari mitra kerja sama yang disesuaikan dengan latar belakang mata pelajaran yang di dapat di SMA, misalnya akuntansi, pembukuan, industri kimia, pembiakan bakteri dan lain sebagainya.

“Untuk pengajarnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berinisiatif untuk memanfaatkan para lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi dengan kehlian tertentu, misalnya keahlian pertanian, peternakan,  kelautan, teknik industri dan lainnya sebagai Guru Pendamping  pada Guru-Guru SMK dan SMA Double Track yang dituntuk sebagai Pilot Project,” jelasnya.

Selain itu Pemprov Jatim juga akan memanfaatkan para ahli dibidang tertentu bersertifikat keahlian tingkat Nasional dan International yang telah purna tugas dari perusahaan tertentu (Silver Expert) sebagai pendamping pada Guru-Guru SMK maupun SMA.(*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1445 H/2024 M

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar peringatan Nuzulul Qur'an yang didahului dengan pelaksanaan sholat Isya dan taraweh yang bertempat di Masjid Agung Ahmad...