HomeBERITAKetum IWO Indonesia Siap Perjuangkan Hak Masyarakat Adat yang Berpolemik dengan PTPN...

Ketum IWO Indonesia Siap Perjuangkan Hak Masyarakat Adat yang Berpolemik dengan PTPN 7

DPD Ikatan Wartawan Online Indonesia Pesawaran menyerahkan berkas terkait lahan di Tanjung Kemala Desa Tamansari yang masih berpolemik dengan PTPN 7, ke DPW IWO I Lampung dan akan diteruskan ke DPP IWO I Pusat

PESAWARAN, SMNNews.co.id – DPD Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO I) Kabupaten Pesawaran, menyerahkan berkas terkait lahan seluas 329 hektar di Tanjung Kemala Desa Tamansari, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, yang masih berpolemik dengan PTPN 7, ke DPW IWO I Lampung dan diteruskan ke DPP IWO I Pusat.

Berkas diserahkan langsung oleh Sekjen DPW IWO I Lampung, Ferry Fauzin, didampingi Ketua dan Pengurus DPD IWO I Pesawaran kepada Ketua Umum DPP IWO I, Advokat NR Icang Rahardian, di Basecamp Jaga Bekasi Kawasan Industri Timur, Jakarta, Rabu (9/8/23).

Dalam arahannya, Ketua DPP IWO I, NR. Icang Rahadian menerima berkas laporan terkait masalah sengketa lahan dengan salah satu Perusahaan milik BUMN.

Dia juga menyatakan kesiapan nya untuk membantu dan bahkan akan turun langsung secara aktif dalam membela masyarakat adat Pesawaran dalam memperjuangkan haknya, terhadap kepemilikan lahan, yang kini masih dikuasai  pihak PTPN 7 Way Berulu, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Terkait dengan upaya yang akan dilakukan dalam memperjuangkan hak kepemilikan masyarakat adat terhadap lahan sengketa tersebut, pihaknya akan segera mengambil langkah hukum pasti, dengan membawa masalah ini ke ranah hukum, dengan upaya mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) untuk mengajukan uji material terhadap hak legalitas terhadap bukti Sertifikat HGU terhadap kepemilikan lahan tersebut.

IWO Indonesia akan berusaha mendorong DPR RI untuk berperan aktif mengambil langkah konkrit membantu dan memfasilitasi masyarakat adat Pesawaran.

“Kami juga akan meminta kepada Kementrian Agraria untuk segera melakukan evaluasi terhadap kepemilikan lahan tersebut, dan dapat segera dikembalikan kepemilikannya kepada masyarakat adat Pesawaran,” tegasnya.

Saprudin Tanjung selaku penasehat DPD IWO I Pesawaran juga menyampaikan, dia sudah siap turun langsung ke lapangan dalam membantu dan mengupayakan capaian keberhasilan terhadap polemik lahan yang sedang di perjuangkan bersama.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Ketum IWO I Pusat, yang sangat respon terhadap masalah yang sedang kita perjuangkan bersama ini. Tentunya ini akan menambah motivasi dan semangat kita dalam berjuang untuk mencapai keberhasilan bersama,” pungkasnya. (rizwan)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemkab Jombang Fasilitasi Pemudik dengan Program Arus Balik Gratis Lebaran 2024

JOMBANG, SMNNews.co.id - Ratusan warga Jombang yang telah mendaftar untuk mengikuti Program Mudik Arus Balik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur...

Sudah Reot, Nenek Sahidah Menanti Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah

PALEMBANG, SMNNews.co.id - Kondisi Rumah Nenek Sahidah di Kelurahan Keramasan yang sudah reot dan memprihatinkan hingga saat ini belum ada kabar baik dari Pemerintahan...

Polres Blitar Gelar Press Release Ungkap Kasus Selama Operasi Ketupat 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar melakukan operasi ketupat sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Idul Fitri 2024, Jumat (12/04/2024). Dalam operasi...