HomeJAWA TIMURKEDIRIKita Indonesia, Kita Pancasila

Kita Indonesia, Kita Pancasila

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno saat bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kediri, suaramedianasional.co.id – Tepat tanggal 1 Juni 2019 bangsa Indonesia memperingati hari Kelahiran Pancasila. Dalam memperingatinya Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Upacara Bendera di halaman belakang kantor Pemda, Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan sebagai komandan upacara dr. Jopie, Plt. Kepala Dinas Kesehatan. Hadir pula Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM, Ketua DPRD Kabupaten Kediri H. Sulkani beserta anggota.

Berbeda dengan upacara biasanya, seluruh peserta dan pejabat yang hadir memakai batik yang merupakan busana khas Indonesia. Tak hanya diikuti oleh seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) dan seluruh pejabat dilingkup Pemda Kediri, juga diikuti oleh ASN luar daerah yang sudah terlanjur mudik.

“Setahu saya tadi ada tiga ASN luar daerah yang ikut upacara di sini,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan.

 

Terkait pelaksanaan upacara yang mepet dengan waktu mudik lebaran, ia pun mengaku tidak ada masalah dengan hal itu. “Karena kehadiran tersebut sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan semua warga negara,” jelasnya.

Dalam sambutannya Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan tema yang diusung dalam upacara hari ini adalah “Kita Indonesia, Kita Pancasila”.

Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila tersebut memang wajib diperingati. Pasalnya, Pancasila sendiri adalah sebuah ideologi bangsa. Di mana dalam perumusannya pun telah merangkum segala hal yang dapat kita jadikan pedoman hidup.

 

Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah merupakan sesuatu yang final dan tidak dapat diganggu gugat. “Maka nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mulai Ketuhanan, gotong-royong, dan toleransi diharapkan dapat diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kediri,” pesan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.

“Hal ini diharapkan dapat lebih menjaga situasi kondusif yang selama ini tercipta di Kabupaten Kediri. Terutama dalam mengahadapi dinamika sosial dan politik setelah Pemilu beberapa waktu yg lalu,” imbuh Bupati Haryanti.

Sesuai pesan Presiden Jokowi yang mana pendiri bangsa dapat mengambil nilai-nilai dalam membangun bangsa, untuk menghormati pendiri bangsa ini maka perlu kita bangun keragaman dalam perbedaan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik. Pancasila mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya meraih visi dan misi bangsa Indonesia.

 

Melalui peringatan kali ini kita semua selayaknya dapat menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dan harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik. Kita bersatu membangun bangsa dan merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat damai,adil dalam kemakmuran, makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila. (kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...