HomeBERITAKodim 0819/Pasuruan Intens Galakan ISIKHNAS, Permudah Kendalikan Penyakit Hewan

Kodim 0819/Pasuruan Intens Galakan ISIKHNAS, Permudah Kendalikan Penyakit Hewan

Sosialisasi Aplikasi ISIKHNAS PMK Dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pasuruan yang di ikuti kurang lebih 70 orang anggota Kodim 0819/Pasuruan

PASURUAN, SMNNews.co.id – Kodim 0819/Pasuruan melaksankan Sosialisasi Aplikasi ISIKHNAS PMK Dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pasuruan yang di ikuti kurang lebih 70 orang anggota Kodim 0819/Pasuruan yang bertempat di Aula Makodim 0819/Pasuruan Jln. Veteran no. 5 Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan, Sabtu (23/7/22).

ISIKHNAS itu sendiri merupakan sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang baru. Sistem ini menggunakan teknologi sehari-hari secara sederhana namun cerdas. ISIKHNAS menempatkan staf lapangan pada pusat sistem karena merekalah yang paling dekat dengan ternak, peternak, dan komunitasnya. Mereka mencatat berbagai kasus yang mereka lihat, beserta tindakan dan keputusan yang diambil, juga hasil akhir kasus tersebut secara cepat, sederhana, dan mudah disampaikan ke ISIKHNAS.

Menurut Kordinator Aplikasi ISIKHANAS Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan, drh. Elsa melalui Isikhnas early report (laporan cepat) atau early detection (lapran awal), maka Pemerintah Daerah dapat bergerak cepat dalam mengambil keputusan atau langkah aksi dalam pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan, Sehingga tidak terjadi Outbreak penyakit.

ISIKHNAS akan memadukan beberapa sistem penanganan informasi yang sudah ada, sehingga menjadikannya lebih efisien dan tersedia bagi lebih banyak pengguna. Perpaduan beragam sistem ini akan menjadikan datanya jauh lebih kuat dan semakin mendukung pekerjaan para pengambil keputusan di berbagai tingkatan.

Program baru yang mulai di galakan oleh Pemerintah Pusat ini secara umun tujuannya untuk mempermudah pencegahan terhadap jenis penyakit hewan, Dan pendatan ternak dilakukan secara serentak oleh petugas kesehatan hewan yang tersebar di beberapa Puskeswan di beberapa Kecamatan.

ISIKHNAS menyatukan sistem-sistem itu agar datanya dapat dikelola secara lebih efisien dan Data akan disediakan bagi pengguna yang berhak melalui beragam sarana seperti situs web iSIKHNAS atau melalui laporan, bagan, spreadsheet, dan peta yang dibuat oleh sistem dan dikirim melalui email atau SMS kepada staf yang memerlukannya. (an)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...