HomeBERITAKoperasi Srikandi Blitar Sejahtera Adakan Lomba Masak Olahan Telor Piala Wakil Bupati...

Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera Adakan Lomba Masak Olahan Telor Piala Wakil Bupati Blitar Tahun 2022

Bupati Blitar, Rahmat Santoso bersama dengan panitia Lomba Memasak Olahan Telur

Blitar, SMNNews.co.id – Koperasi Blitar Sejahtera Kabupaten Blitar gelar Lomba Memasak Olahan Telur di Pendopo Kantor Kabupaten Blitar, Sabtu (18/6/2022). Lomba ini memperebutkan piala dan hadiah Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso.

Peserta lomba dari berbagai organisasi perempuan, Dharma Wanita Dinas di jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar dan terbuka untuk umum. Total peserta berjumlah 62 grup, setiap grupnya terdiri dari dua orang.

Menurut Ketua Koperasi Blitar Sejahtera, Yesi Yuni Astutik, lomba memasak olahan telur untuk mengedukasi masyarakat bahwa makan telur tidak hanya dalam bentuk digoreng, diceplok, atau direbus saja tetapi bisa dibuat berbagai macam olahan. Tujuan lain dari lomba memasak olahan telur ini menurut Yesi, jika konsumsi telur meningkat maka permintaan telur akan meningkat. Hal itu tentu akan mengimbas pada peternak.

Bupati Blitar, Rahmat Santoso bersama dengan panitia Lomba Memasak Olahan Telur

“Kalau permintaan meningkat otomatis harga bisa bertahan minimal di atas harga pokok produksi (HPP). Sehingga kami tidak lagi mengalami kerugian yang menyakitkan seperti dua tahun yang sudah berlalu,” jelas Yesi.

Harapannya, peternak di Kabupaten Blitar kembali menjadi pemasok telur terbesar nasional, dimana sebelumnya Blitar raya adalah identik dengan sentra peternak rakyat.

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah mengkampanyekan makan telur dua butir sehari, tapi lama kelamaan pasti bosan, karena hanya itu-itu saja, tetapi dengan diadakan lomba seperti ini, masyarakat akan tahu kalau telur itu bisa diolah menjadi berbagai macam jenis olahan,” ungkap Yesi yang juga sebagai ketua panitia lomba.

Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso sangat mengapresiasi dengan diselenggarakannya lomba memasak olahan telur yang sangat meriah tersebut. Hal ini bisa dilihat antusiasnya masyarakat yang mendaftar mengikuti lomba ini. Tetapi banyak yang gagal ikut, karena pembatasan peserta lomba.

Makde Rahmat (panggilan akrab Wabub Blitar) menjelaskan tujuan dari lomba tersebut adalah untuk mengangkat kembali Kabupaten Blitar menjadi sentra peternak telor.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba

“Semoga dengan diadakannya lomba memasak telur olahan ini, bisa kembali membangkitkan semangat kepada peternak yang mana beberapa waktu yang lalu terkena dampak Pandemi yang mengakibatkan banyaknya para peternak rakyat yang gulung tikar karena harga pakan mahal dan harga telur murah,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Wabub Blitar mengajak masyarakat untuk rajin makan telur, dengan cara membuat berbagai macam olahan, dengan begitu permintaan akan telur menjadi naik sehingga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan mengembalikan Blitar sebagai sentra peternak rakyat. (bonaji)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)

PASAMAN, SMNNews.co.id - Dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja...

Pengawasan Operasi Ketupat 2024 Oleh Itwasum Polri Bertempat di Polres Pasuruan Kota

PASURUAN, SMNNews.co.id – Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan Operasi Ketupat 2024  di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota bertempat...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...