Kunjungi Karo, Gubernur Sumut Tinjau Panti Rehabilitasi Sosial

Gubernur meninjau ruangan parawarsa tempat penampungan pelatihan ketrampilan binaan bagi perempuan.
Karo, suaramedianasional.co.id – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengunjungi Kabupaten Karo pada Kamis (24/1).
Rombongan disambut hangat Bupati Karo, Terkelin Brahmana bersama Wakil Bupati karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal, Danyonif 125 Letkol Inf Victor Andhika Ckjro, Wakapolres Karo, Asisten 1 Suang Karo Karo, asisten 3 Mulianta Tarigan, (plt) asisten 2, Davit Trimei Sinulingga dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Karo.
Edy Rahmayadi pada kesempatan tersebut meninjau panti rehabilitasi sosial Parawarsa, yang juga menampung beberapa wanita yang sempat terjun sebagai pekerja malam. “Di sini sudah diajari berbagai keterampilan ya, kalau keluar jangan diulangi pekerjaan yang dahulu, harus diperbaiki kehidupan rohaninya biar dekat pada Tuhan,” pesan Edy.
Gubernur Sumut ini juga melibat berbagai ruangan panti termasuk yang digunakan untuk belajar keterampilan menjahit, tata kecantikan dan tata rambut. Edy Rahmayadi juga menyempatkan diri berbincang dengan peserta pelatihan.
Salah satu peserta bernama Yanti (26 thn) mengaku sudah hampir 2 bulan berada di panti. “Saya tidak betah, Pak,” ujar Yanti dengan polos.
Lain lagi, menurut Safrida (24 thn) mengaku senang mendapatkan pelatihan keterampilan perawatan rambut, rias dan salon.
Gubernur Sumut ini juga berpesan, agar ruangan di Panti Parawarsa itu dibenahi dan diperbaiki. “Jika perlu tahun ini direhab, sebab saya lihat tadi ada ruangan asbesnya sudah rusak,” tandas Edy.
Sebelum meninggalkan lokasi, Gubernur Sumut memberikan pengarahan bagi peserta binaan agar menekuni ketrampilannya. “Bila kembali bermasyarakat nanti mereka sudah dapat berusaha dengan ketrampilan yang diperolehnya,” ungkapnya.
Selain  mengunjungi panti rehabilitasi sosial, gubernur juga ke RSJ Perjoreken, ke tempat relokasi eks pengungsi Gunung Sinabung di Siosar dan ke Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).
Disisi  lain saat berada di lokasi relokasi tahap III di siosar Edy menganjurkan kepada Dansatgas erupsi Gunung Sinabung agar  TNI bersama kepolisian bersinergitas segera benar mengenai air bersih di Siosar. “Kita akui memang saat ini saya lihat krisis air, tapi dalam waktu dekat ini OPD (organisasi perangkat daerah) akan membantu dan berkoordinasi secepatnya agar penanganan air ini segera selesai,” ujar Edy. (Ius)