HomeSUARA DAERAHLakukan Sidak Sebagai Bahan Evaluasi APBD 2018

Lakukan Sidak Sebagai Bahan Evaluasi APBD 2018

DPRD Kabupaten Trenggalek.
Trenggalek, suaramedianasional.co.id – DPRD Kabupaten Trenggalek melakukan inspeksi mendadak (sidak) sebagai bahan evaluasi semua kegiatan yang tertuang di APBD. Sidak ini diharapkan bisa menjadi bahan dalam mengontrol semua kegiatan yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Trenggalek.” Ini kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh teman – teman di setiap komisi dan dilakukan pada awal – awal tahun, ” terang M Hadi, Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Trenggalek, Jumat (11/1).
Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena semua kegiatan yang dilakukan bersumber pada keuangan negara yang nota benenya adalah uang rakyat.” Kami ini wakil rakyat jadi harus bisa mengemban amanat apalagi DPRD mempunyai fungsi kontrol, ” imbuhnya.
Politisi PKB ini mengatakan, selain inisiatif dari setiap komisi aduan masyarakat juga menjadi salah satu pertimbangan.
Selain itu, menurutnya, semua kegiatan yang dilakukan oleh OPD harus dipertanggungjawabkan secara tehnik dengan mengacu pada aturan yang berlaku.” Kami tidak akan main – main dalam melakukan sidak.Jika nanti ada temuan maka OPD terkait harus bisa menjelaskan alasannya, ” tegasnya.
M Hadi menambahkan jika dalam waktu dekat akan memanggil OPD dan akan meminta keterangan sesuai hasil temuan. “Jika tidak ada aral melintang, Komisi Minggu depan akan memanggilnya, ” katanya.
Puguh Purnomo, Anggota Komisi IV membenarkan jika semua anggota dewan turun ke lapangan untuk melihat langsung semua kegiatan yang dilakukan Tahun 2018.” Jika nanti banyak terjadi temuan maka akan menjadi preseden buruk bagi eksekutif, ” ucapnya.
Politisi Partai Hanura ini berharap agar semua kegiatan Tahun 2018 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya agar tidak menimbulkan masalah yang berakibat hukum, “Tahun 2019 adalah tahun politik jadi diperlukan kecermatan dan kecerdasan dalam melakukan kegiatan yang bersumber pada keuangan negara, ” pungkasnya. (ags)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...