HomeJAWA TIMURLegenda Asal Usul Gunung Kelud yang Berawal dari Pengkhianatan Dewi Kilisuci

Legenda Asal Usul Gunung Kelud yang Berawal dari Pengkhianatan Dewi Kilisuci

Gunung Kelud (Sumber : Google)

SMNNews.co.id-Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan jumlah gunung berapi terbanyak. Gunung berapi di Jawa Timur memiliki cerita dan legenda tersendiri.

Salah satunya adalah Gunung Keld di Kediri. Ada sebuah cerita bahwa gunung itu tercipta ketika cinta sang putri kepada raja dikhianati.

Cerita dimulai dengan seorang putri bernama Dewi Kiri Suchi, putri Jengolo Manik. Banyak orang yang tertarik melamar sang putri karena kecantikannya

Baca Juga : 5 Wisata Sejarah di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi! Untuk Menambah Wawasan Sejarah

Di antara mereka ada dua raja sakti bernama Mahesa Suro dan Lembu Suro. Mahesa Suro berkepala kerbau sedangkan Rembusro berkepala sapi.

Namun, Dewi Kili Suci tidak ingin kedua raja itu melamar. Akhirnya, dia membuat kompetisi yang sangat sulit untuk orang biasa.

Dewi Kilisuci meminta dua pelamarnya untuk menggali dua sumur di Gunung Kelud sebelum fajar. Yang satu harus berbau seperti ikan dan yang lainnya harus berbau harum.

Rupanya, kedua raja ini bisa menyelesaikan pekerjaannya. Namun, sang putri tetap bersikeras bahwa dia tidak ingin menikahi salah satu dari mereka.

Baca Juga : Mengenal Situs Makam Kuno di Prambon Nganjuk

Dia membuat tantangan lain dengan membuktikan bahwa air mancur benar-benar memiliki bau yang diinginkannya. Dewi Kilisuci meminta Mahesa Suro dan Lembu Suro untuk masuk ke dalam sumur. Mereka berdua setuju dengan tantangan sang putri…tapi itu semua hanya tipuan Dewi Kirischi untuk membunuh raja.

Setelah mereka memasuki sumur, Dewi Kilisuci memerintahkan prajurit Jenggala untuk mengisi sumur dengan batu, membunuh Mahesa Suro dan Lembu Suro. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Ratusan Warga Pohuwato Gorontalo Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

POHUWATO, SMNNews.co.id - Doa terus mengalir untuk para korban tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Diantaranya dari masyarakat Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Ratusan orang menggelar doa bersama...