HomeJAWA TIMURBANYUWANGILembaga Aliansi Indonesia Banyuwangi Gelar Donor Darah

Lembaga Aliansi Indonesia Banyuwangi Gelar Donor Darah

Aksi donor darah dilakukan Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) Cabang Banyuwangi, Jumat (29/3).

Banyuwangi, suaramedianasional.co.id – Aksi donor darah dilakukan Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) Cabang Banyuwangi, Jumat (29/3). Kegiatan yang diberi tajuk ‘Setetes Darah untuk Kehidupan Umat” ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin tiap dua bulan sekali dari lembaga tersebut.

Kepala Divisi Kesehatan DPC Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) LAI Kabupaten Banyuwangi, Didik Sulasmono, menyatakan, aksi donor darah ini sebagai salah satu rangkaian program sosial dan kesehatan LAI.

Donor darah yang dilakukan di Banyuwangi bertempat di klinik pratama dr. Didik Sulasmono (KDS) Kecamatan Rogojampi, dengan menggandeng PMI Banyuwangi. “Giat sosial ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan,” ungkap Didik yang juga dokter dan pemilik KDS.

KDS berharap kegiatan ini data bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan klinik tersebut.

Pada aksi sosial yang diselenggarakan Lembaga Aliansi Indonesia Banyuwangi dan KDS ini, setidaknya ada 35 peserta yang sudah mendonorkan darahnya. Mereka terdiri dari warga masyarakat, anggota Mapala Uniba dan anggota BPAN LAI Banyuwangi.
Menurut Ketua LAI Banyuwangi, Alif Hudi Widayat, sebenarnya banyak anggota yang ingin berpartisipasi mendonorkan darah mereka namun tidak semuanya memenuhi syarat. “Sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat. Mereka ini bisa mengulang untuk aksi donor darah dua bulan mendatang,” jelas Alif.

Sedangkan Hakim Said, Dewan Penasehat BPAN LAI Banyuwangi mengaku rutin mengikuti donor darah dan sudah mendonorkan sebanyak 3 kali. “Niat saya berdonor ini karena merasa prihatin dengan kondisi pasien yang membutuhkan dan dalam kondisi gawat serta sulit mendapatkan darah,” katanya.

Bukan hanya aksi donor darah, namun di akhir pelaksanaan digelar pula terapi Thibun Nabawi yang ditangani langsung oleh Didik Sulasmono timnya. (rob)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...