HomeKISI-KISILestarikan Langgam dan Keroncong, Korem 081/DSJ Gelar Lomba Tingkat SMA

Lestarikan Langgam dan Keroncong, Korem 081/DSJ Gelar Lomba Tingkat SMA

Perlombaan menyanyi langgam dan lagu Kerocong tingkat SMA

Madiun, suaramedianasional.co.id – Guna melestarikan warisan kekayaan seni dan budaya Bangsa Indonesia, Korem 081/DSJ menggelar perlombaan menyanyi langgam dan lagu Kerocong mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

Setalah kemarin (19/8), menggelar perlombaan untuk tingkat SD dan SMP, hari ini mereka melanjutkannya dengan menggelar untuk tingkat SMA, bertempat di Asrama Bosbow Kota Madiun, Selasa (20/8/19).

Dibandingkan dengan perlombaan untuk tingkat SD dan SMP, para peserta lomba tingkat SMA terlihat lebih mahir dan menguasai dalam menyanyikan langgam dan keroncong dan hal itu diakui oleh para dewan juri.

Kami konfirmasi ke Kapenrem 081/DSJ Mayor Arm. T.M. Hartoyo, S.Pd. (19/8), bahwa lomba yang diselenggarakan itu merupakan bentuk kepedulian Korem 081/DSJ dalam melestarikan seni dan budaya.

“Selain itu, juga sebagai sarana untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak atau para generasi muda terhadap warisan seni dan budaya, khususnya musik keroncong,” ungkapnya.

Karena menurutnya, di bawah gencarnya masuknya berbagai pengaruh budaya asing yang dengan mudahnya masuk sekarang ini, hal itu dapat membuat kita lupa akan budaya kita sendiri.

“Kalau bukan kita yang peduli dan melestarikannya, mungkin dalam beberapa tahun ke depan, generasi yang di bawah kita tidak akan lagi mengetahui atau mengenal budayanya sendiri,” jelasnya.

Para juara Lomba menyanyi langgam dan lagu Kerocong di tingkat SMA

Dalam perlombaan yang berhasil memukau banyak penonton itu, keluar sebagai juara 1 yaitu Wildan Arga Wijaya, disusul oleh Erix dan Zata, yang masing-masing menduduki juara 2 dan 3.

Seperti diketahui, lomba menyanyi langgam dan keroncong itu merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan dalam Pentas Seni Budaya dan Pasar Rakyat yang diselenggarakan oleh Korem 081/DSJ dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...