HomeBERITALPJ Bupati Ngawi 2021, Ony Anwar Klaim Lakukan Efisiensi Anggaran dan Larang...

LPJ Bupati Ngawi 2021, Ony Anwar Klaim Lakukan Efisiensi Anggaran dan Larang OPD Bikin Kegiatan Mengada-ngada

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, melarang kegiatan
OPD yang mengada-ada dan tidak fokus pada skala
prioritas pembangunan.

NGAWI, SMNNews.co.id – Rapat Paripurna laporan pertanggungjawaban Bupati Ngawi tahun 2021, digelar Senin (20/6/2022) di DPRD setempat.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, membeberkan perjalanan pemerintahan Ngawi tahun lalu. Dia pun mengaku pemkab telah semakin efektif dan efisien merencanakan dan mempergunakan dana APBD.

Ony merujuk perhitungan Sisa lebih pagu anggaran (Silpa) 2021 yang tercatat sekitar Rp207 M. Angka ini sekilas terasa lebih besar bila dibandingkan tahun sebelumnya dimana Silpa ada di kisaran Rp199 M.

Namun menurut Ony Anwar, bila dikupas lebih rinci, sebenarnya Silpa 2021 didominasi adanya penambahan penerimaan dana dan dari kecermatan penggunaan anggaran.

“Silpa Ngawi sekitar Rp207 miliar itu, disumbang dua kali transferan dana bagi hasil (DBH) jelang akhir tahun 2021, yang totalnya Rp40-an miliar. Ini dana pasti masuk Silpa karena tak cukup waktu menyerapnya di tahun itu,” ujar Ony Anwar.

Silpa 2021 itu juga karena ada sisa lelang 14 persen dari anggaran Rp250 M lebih, atau setara Rp60 M.

“Silpa Rp207 M dikurangi Rp100 M, ya tinggal Rp107 M. Setelah dilihat detail, angka ini karena kurang presisinya perencanaan alokasi anggaran BLUD kita, inilah jadi bahan evaluasi,” beber Ony.

Berkaca dari pelaksanaan pemerintahan tahun 2021, Ony Anwar menyatakan, penerapan anggaran 2022 lebih cermat dilakukan. Misalnya menggiring anggaran untuk fokus pada skala prioritas pembangunan.

Ony mengakui terbantu adanya Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Jika dulu ada 6 ribu sub kegiatan di OPD, kini hanya sekitar 3 ribuan saja dan tidak lagi berkutat pada kepentingan OPD dan ASN saja.

“OPD juga sudah harus tahu bahwa tak boleh membuat kegiatan yang mengada-ada dan harus lebih fokus pada skala prioritas pembangunan,” tegas Bupati Ony Anwar.

Fokus anggaran pembangunan bagi Ngawi akan sesuai mandatory, yakni memberi porsi lebih banyak pada pos infrastruktur. Pos ini akan dipenuhi lebih dulu, setidaknya 25 persen dari APBD, pasca dikurangi belanja pegawai. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...

Pipa PDAM Kota Malang Bocor dan Buat Jalan Ambrol, Satu Mobil Terperosok!

KOTA MALANG, SMNNews.co.id – Pipa PDAM yang terletak di perempatan Ranugrati Kota Malang jebol dan membuat jalan aspalnya ambrol. Hal ini menyebabkan satu mobil terperosok...