HomeSUARA DAERAHLuncurkan BLUD Plus, Gubernur Khofifah Harap IPM Jatim Terus Meningkat

Luncurkan BLUD Plus, Gubernur Khofifah Harap IPM Jatim Terus Meningkat

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan santunan kepada anak yatim pada acara “Launching BULD Plus dan Peresmian serta Serah Terima Gedung SMKN 2 Donorojo Pacitan, Bantuan dari PT Astra International Tbk pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur” di SMKN 2 Donorojo, Pacitan.

Surabaya,suaramedianasional.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara resmi meluncurkan program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Plus di SMK Negeri 2 Donorojo, Kab. Pacitan, Minggu (7/7) sore.

Melalui peluncuran tersebut, dirinya berharap agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur, khususnya di Kab. Pacitan terus meningkat.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengatakan, program BLUD sendiri sudah sejak lama digalakkan Pemprov Jatim. Namun yang berbeda dengan program BLUD Plus kali ini adalah dihadirkannya sektor swasta, yakni Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dalam pelaksanaanya.

“BLUD Plus yang merupakan pertama kali di Jawa Timur ini, diharapkan ada sesuatu yang memberi signifikansi terhadap PR (pekerjaan rumah) Jawa Timur hari ini yaitu meningkatkan IPM,” terang Gubernur Khofifah.

Dirinya mencotohkan, berdasarkan data rata-rata lama sekolah siswa di Kab. Pacitan adalah 7,19. Nilai itu tidak jauh dengan rata-rata lama sekolah di Jawa Timur yaitu 7,34. Hal itu secara langsung berdampak pada nilai IPM di Jatim. Oleh sebab itu, sebut Gubernur Khofifah, dibutuhkan kerja ekstra semua pihak untuk bisa mendongkrak IPM di Jatim.

“Kita membutuhkan strong partnership dengan semua pihak, private sector maupun elemen strategis seperti pemkab dan pemkot, disertai kerja keras untuk mendongkrak IPM Jawa Timur,” ujarnya.

Kerja ekstra yang dimaksud, terang Gubernur Khofifah, termasuk tidak menutup pintu kerjasama dengan pihak luar. Tujuan utamnya tidak lain untuk percepatan pertumbuhan IPM.

“Jika ada private sector yang ikut menyisir kerjasama dengan pemkab/pemkot rasanya akan mendorong percepatan peningkatan IPM Jatim,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, Gubernur Khofifah berharap, agar YMA-MDR bisa melakukan pendampingan program hingga tuntas. Mulai dari proses pelatihan, pengolahan hingga persiapan pemasaran baik kepada siswa pelatihan maupun masyarakat sekitar.

“Saya yakin bahwa dari keluarga besar Astra, akan melakukan pendampingan sampai tuntas. Tuntas yang dimaksudkan adalah jejaring marketnya juga,” ungkapnya.

Sementara Bupati Pacitan, Indartanto menyampaikan, bahwa dirinya sangat berterima kasih terhadap peluncuran program tersebut di Kab. Pacitan. Dirinya berharapan program BLUD Plus tersebut semakin meningkatkan sumber daya manusi (SDM) di wilayahnya.

“Diharapkan nantinya SDM di Pacitan lebih maju dan mudah-mudahan bapak SBY kedua bisa tumbuh dari Pacitan,” harapnya.

Sementara itu, SMKN 2 Donorojo Pacitan bersama YMA-MDR akan memfokuskan pada pembelajaran tentang pengolahan buah kelapa lokal menjadi komoditi bernilai jual tinggi. Sebagai langkal awal, telah dibuka satu jurusan baru yaitu Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) yang salah satu produk utamanya adalah Virgin Coconut Oil (VCO).

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo berharap, semua sarana prasarana yang telah dibangun dapat menunjang proses belajar mengajar. Termasuk dapat meningkatkan semangat belajar para siswa untuk produktif, handal dan mandiri.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses pembangunan gedung sekolah yang telah berdiri tegak, kokoh dan indah untuk dioperasikan sebagai sekolah vokasi yang handal dan berfungsi sebagai tempat yang produktif di bawah bendera BLUD Plus,” pungkasnya. (*) 

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025 – 2045

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Asahan tahun 2025-2045 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan,...

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal dengan PWRI Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar silaturahmi dan Halal Bihalal dengan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati...

Polsek Doko Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Polsek Doko melaksanakan giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Jumat (19/04/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas...