HomeADVERTORIALLuncurkan Dashboard Statistik, Pemkab Ponorogo Dukung Terwujudnya Satu Data Indonesia

Luncurkan Dashboard Statistik, Pemkab Ponorogo Dukung Terwujudnya Satu Data Indonesia

Rapat Koordinasi Metadata Statistik Sektoral & Peluncuran Dashboard Statistik

Ponorogo, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Ponorogo terus mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia (SDI). Upaya tersebut berupa pembangunan aplikasi berbasis website yang bernama Dashboard Statistik. Aplikasi ini diluncurkan secara resmi pada Rabu (16/6/2021), di Ruang Bantarangin Gedung Graha Kridha Praja Pemkab Ponorogo.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Ponorogo Najib Susilo melalui Sekretaris Dinas Gulang Winarno, usai melaksanakan peluncuran menyatakan, pembangunan aplikasi ini merupakan langkah dari Dinas Kominfo dan Statistik sebagai walidata Kabupaten Ponorogo untuk bisa menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan alias akuntabel, mudah diakses dan dibagipakaikan.

“Kami memiliki komitmen untuk melaksanakan amanat Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia atau SDI. Karena itu, kami membangun aplikasi ini (Dashboard Statistik),” ungkap Gulang Winarno.

Dalam kegiatan yang bersamaan dengan Rapat Koordinasi Metadata Statistik ini, Gulang menambahkan, salah satu prinsip SDI adalah data statistik yang dihasilkan memiliki dokumen metadata statistik. Yaitu informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan serta memudahkan pencarian, penggunaan dan pengelolaan informasi data.

“Rapat sendiri kita gelar dengan menghadirkan seluruh SKPD adalah identifikasi kegiatan statistik yang dilakukan oleh Pemkab dan agar SKPD mampu melengkapi metadata kegiatan statistik sektoral instansi bersangkutan sehingga tersedia data statistik sektoral yang lengkap,” jelas Gulang. Kegiatan ini menghadirkan pemateri KF IPDS Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ponorogo Ahmad Agus Arif. Dalam paparannya, Agus menerangkan tentang langkah dan pentingnya mewujudkan Satu Data Indonesia di Kabupaten Ponorogo. Aplikasi tersebut dapat diakses di https://data.ponorogo.go.id. (kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polsek Doko Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Polsek Doko melaksanakan giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Jumat (19/04/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas...

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...