HomeBERITAMalam Tirakatan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Ini Maknanya!

Malam Tirakatan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Ini Maknanya!

Malam Tirakatan (Sumber :Google)

SMNNews.co.id– Salah satu bentuk peringatan yang ada di Indonesia untuk merayakan hari Kemerdekaan adalah dengan malam tirakatan atau malam pitulasan. Terdapat makna yang mendalam dalam tirakatan.

Pengertian tirakat dalam kamus bahasa Indonesia adalah menahan hawa nafsu (berpuasa, berpantang). Sedangkan tujuan tirakat dalam hal supranatural adalah mengasah.

Menurut Islam, tirakat adalah suatu upaya spiritual seseorang dalam bentuk keprihatinan jiwa dan badan untuk mencapai sesuatu dengan jalan mendekatkan diri kepada Tuhan, baik berupa perilaku, hati dan pikiran, salah satu tirakat adalah berpuasa.

Baca juga : Mantap! Reog Ponorogo Diundang ke Istana untuk Tampil dalam Peringatan HUT RI ke 77

Bagi yang tinggal di wilayah Jawa, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Tirakatan. Tirakatan adalah tradisi wajib yang biasa dilakukan setiap tanggal 16 Agustus malam.

Malam Tirakatan pada awalnya merupakan tradisi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang dilakukan pada malam tanggal tujuh belas Agustus. Masyarakat Yogyakarta di daerah perkotaan maupun pedesaan melaksanakan tradisi ini di tiap-tiap RT, desa, atau kampung.

Tradisi ini telah dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta sejak setelah kemerdekaan, sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai.

Malam tirakatan merupakan malam di mana seluruh masyarakat melakukan perenungan panjang tentang sejarah kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan, serta berdo’a atas anugerah Indonesia merdeka.

Acara ini biasanya dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta warga setempat. Susunan acaranya meliputi pembacaan sajak atau mengenang jasa pahlawan, mengheningkan cipta, doa bersama, lalu kemudian dilanjutkan dengan makan bersama satu kampung.

Baca juga : Sambut HUT RI ke-77, Pemkot Blitar Bagikan Bendera Merah Putih untuk Masyarakat Kota Blitar

Biasanya, dalam acara ini juga akan ada penyerahan hadiah untuk berbagai macam lomba yang sudah diadakan sebelumnya.

Selain itu, Tirakatan juga bisa dilihat sebagai suatu cerminan modernitas, agama, dan budaya nenek moyang.

Makna yang terkandung dalam Tradisi malam Tirakatan ini merupakan penerapan Nilai nilai gotong royong dan Kerukunan dari warga karena dari semua yang dipersiapkan dari oleh dan untuk warga sendiri.

Dengan diadakan malam tirakatan bisa untuk memperat kerukunan antar warga dan tradisi malam tirakatan tidak akan punah serta hilang.

Diharapkan kedepan banyak generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa Indonesia yang masih selalu melaksanakan malam tirakatan dalam memperingati HUT Republik Indonesia, sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan tirakat diantaranya adalah mendapatkan ketenangan dalam hidup ini, memohon kepada Tuhan untuk diberikan kemudahan dalam melakukan tujuan tertentu dan mencapai tingkatan hidup yang lebih baik.(red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Mantan Kades Tanjung Karang Jadi Tersangka Tipikor 1,5 Miliar, ini Penjelasan Kasi Pidsus Kejari Kampar!

KAMPAR, SMNNews.co.id - Ditetapkan sebagai tersangka pelaku tindak pidana korupsi. Seorang mantan Kepala Desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar Provinsi Riau, tersandung...

Tanamkan Disiplin di Sekolah, Babinsa Koramil Sanankulon Latih Peraturan Baris Berbaris

BLITAR, SMNNews.co.id - Babinsa Koramil 0808/04 Sanankulon Kodim 0808/Blitar Peltu Sugianto, melaksanakan kegiatan pelatihan PBB kepada siswa-siswi SMPN 1 Sanankulon, guna membentuk karakter dan kedisiplinan, bertempat...

Bupati Ngawi Lakukan Mutasi Massal Pejabat Eselon

NGAWI, SMNNews.co.id - Mutasi besar-besaran dilakukan Bupati Ngawi, Jumat (03/2/2023). Mutasi ini bahkan dilalukan di pendopo dan di Dinas Pendidikan. "Hal ini memang kita lakukan...