HomeBERITAMantap! Reog Ponorogo Diundang ke Istana untuk Tampil dalam Peringatan HUT RI...

Mantap! Reog Ponorogo Diundang ke Istana untuk Tampil dalam Peringatan HUT RI ke 77

Reog Ponorogo

PONOROGO, SMNNews.co.id – Reog Ponorogo bakal menjadi nominator tunggal warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage/ICH) Indonesia ke United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Presiden Joko Widodo mengundang seniman reog dari Ponorogo untuk tampil dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara pada 17 Agustus 2022.

“Reog akan tampil sebagai penyaji pertama di halaman depan Istana Negara, baru disusul kesenian dari daerah lain,’’ kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Senin (15/8/2022).

Baca Juga : Unik! Tari Keling Pemainnya Harus dari Dusun di Ponorogo, Berikut Ulasanya

Menurut Kang Bupati Sugiri, rombongan 160 seniman reog berangkat ke Ibu Kota untuk tampil selama 12 menit. Mereka terdiri pembarong dadak merak, pujangganong, penari jathil, klonosewandono, warok, dan penabuh gamelan. Anggota rombongan itu mulai anak usia taman kanak-kanak (TK) hingga dewasa.

“Kami ingin membuktikan kalau reog pantas menjadi warisan budaya tak benda yang terdaftar di UNESCO. Keterlibatan anak usia dini juga menunjukkan kepada dunia bahwa regenerasi seniman reog tidak akan putus,” jelas Kang Bupati.

Sebuah kehormatan bagi Reog Ponorogo tampil dalam upacara peringatan HUT RI di Istana Negara. Sebab, presiden, wakil presiden, pimpinan lembaga negara, gubernur Bank Indonesia, para menteri, jaksa agung, panglima TNI, kapolri, serta para duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan melihat langsung kesenian asli Ponorogo itu.

Baca Juga : Mantap! Reog Ponorogo Torehkan Tiga Catatan Rekor MURI dalam Tiga Bulan

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi menambahkan, rombongannya berangkat lebih dulu ke Jakarta untuk melakukan geladi bersih di Istana Negara pada Senin (15/8/2022).

Bupati Sugiri Sancoko menyusul terbang ke Ibu Kota memenuhi undangan Presiden Jokowi untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI. (png/red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...