HomeADVERTORIALMas Dhito Beri Pelatihan Penguatan SDM BUMDes

Mas Dhito Beri Pelatihan Penguatan SDM BUMDes

Mas Dhito saat mengutarakan akan memberikan pelatihan penguatan sumber daya manusia (SDM) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

KEDIRI, SMNNews.co.id – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana akan memberikan pelatihan penguatan sumber daya manusia (SDM) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) supaya bekerja optimal dan mampu memberikan pendapatan bagi desa.

“Untuk SDM-nya kita buatkan pelatihan bagaimana pengelolaan BUMDes yang baik dan benar, bagaimana untuk meningkatkan pendapatan desa,” kata bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu, Senin (8/8/2022).

Baca Juga : Tawarkan Lapangan Pekerjaan, Mas Dhito Angkat Atlet Porprov Jadi Satpol PP

Rencana pelatihan bagi SDM BUMDes itu, Mas Dhito meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri untuk memfasilitasi. Peserta pelatihan, merupakan pengelola BUMDes se-Kabupaten Kediri. 

Rangga Ketua BUMDes Tegowangi saat mengusulkan pemberian pelatihan bagi SDM BUMDes

“Nanti kita kumpulkan di satu tempat supaya teman-teman (SDM) BUMDes di tiap desa ini punya kemampuan untuk meningkatkan pendapatannya,” ungkapnya.

Kepala DPMPD Kabupaten Kediri Agus Cahyono menambahkan, pihaknya telah menyiapkan rencana pelatihan sebagaimana instruksi Mas Dhito. Pelatihan, akan dilakukan pada September 2022 mendatang meliputi bimbingan teknis (Bimtek) terkait penguatan keuangan BUMDes.

Baca Juga : Target Imunisasi 83.519 Anak, Mas Dhito Minta Petugas Jangan Kendor

Peserta yang diundang yakni perwakilan pengelola BUMDes dari 343 desa, dimana tiap BUMDes diambil dua orang. Kemudian, pelatihan dilanjutkan terkait pengelolaan unit usaha. Dalam hal ini, peserta pelatihan dibagi sesuai bidang usaha yang digeluti BUMDes.

Acara Jum’at Ngopi bareng Mas dhito di pelataran candi Tegowangi

“Paket-paket ini berdasarkan kluster unit usaha,”  bebernya.

Sebagaimana diketahui, pemberian pelatihan bagi SDM BUMDes itu, diberikan Mas Dhito usai mendapatkan usulan dari pengelola BUMDes dalam acara Jumat Ngopi yang di pelataran Candi Tegowangi pada 22 Juli 2022.  Pada kesempatan itu, Mas Dhito mendapatkan curhatan dari Rangga, Ketua BUMDes Tegowangi terkait kondisi BUMDes saat kondisi pandemi. Keterbatasan modal menjadikan usaha milik desa itu kesulitan berkembang. (Kominfo/adv/kan)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Telan Anggaran Hingga Ratusan Juta, Peserta Ujian Tulis Perangkat Desa Tiron Diwarnai Kelaparan

MADIUN, SMNNews.co.id - Anggaran biaya pengisian perangkat desa Tiron yang dibebankan APBDes hingga ratusan juta rupiah dikeluhkan beberapa peserta saat melaksanakan ujian tulis. Pasalnya, ujian...

Pastikan Berjalan Lancar Dan Aman, Babinsa Koramil Doko Dampingi Penyaluran BLT DD Kepada Warga Binaannya

Blitar - SMNNews.co.id - Babinsa Koramil Tipe B 0808/13 Doko Kodim 0808/Blitar Serda Anas Sugiarto bersama Bhabinkamtibmas selalu bersinergi untuk melaksanakan kegiatan pendampingan penyaluran...

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2022

INDRAMAYU, SMNNews.co.id - Rapat koordinasi dan evaluasi distribusi pupuk bersubsidi diwilayah Kabupaten Indramayu yang diselenggarakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Indramayu....