HomeBERITAMbah Sastro Surip Menjadi Pria Tertua di Blora, Berusia 115 Tahun!

Mbah Sastro Surip Menjadi Pria Tertua di Blora, Berusia 115 Tahun!

Mbah Sastro Surip, warga Desa Plantungan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, saat beraktivitas di rumahnya. (Sumber foto: beritabojonegoro)

BLORA, SMNNews.co.id – Pria bernama Sastro Surip, asal Desa Plantungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini diyakini sebagai orang tertua di Kabupaten Blora.

Mbah Sastro Surip diperkirakan berusia 115 tahun, tanggal lahirnya adalah 1 Juli 1919, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan atau Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun, tanggal ini diyakini tidak sesuai dengan tanggal lahir Mbah Sastro Surip yang sebenarnya.

Baca Juga : Padukan Tradisi dan Potensi Desa, Mantingan Gelar Grebeg Budaya

Menurut pengakuannya, Mbah Sastro Surip lahir saat proses pembangunan waduk tempuran Blora yang dibangun pada tahun 1913-1914.

Saat ditemui awak media di rumahnya, kini mbah Sastro Surip berusia lebih dari 100 tahun, namun cukup sehat untuk melanjutkan pekerjaannya. Dia juga memiliki pendengaran yang cukup baik. Tak hanya itu, pria lajang ini fasih berbicara bahasanya saat diajak berkomunikasi.

“Dulu waktu pembangunan Waduk Tempuran saya sudah lahir,” ujarnya, Minggu (11/09/2022).

Kepala Desa (Kadesd) Plantungan, Kecamatan Blora, Endang Susana, mengatakan Mbah Sastro tercatat sebagai warga tertua di desanya, yang kini berusia di atas 100 tahun.

“Untuk usia sesungguhnya mesti lebih dari itu, karena waktu Belanda buat Waduk Tempuran itu pada tahun 1914, beliau sudah membantu mencari rumput,” tutur Kades Plantungan, Endang Susana.

Baca Juga : HUT Desa ke-692 Pemdes Ngadirenggo Wlingi Adakan Giat Kirab Budaya

Kepala desa mengungkapkan bahwa Mbah Sastro Surip dulu memiliki lima istri, tetapi sekarang hanya tinggal seorang istri yang masih hidup dan memilih untuk tinggal bersama keponakannya.

“Untuk kebutuhan sehari-hari Mbak Sastro melakukan aktivitas sendiri, seperti menggarap lahan pertanian dan memasak atau membuat makan.” kata Kades Plantungan, Endang Susana. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...