HomeJAWA TIMURBLITARMelalui Lomba Krenotek, Bupati Rijanto Wujudkan Blitar Semakin Maju dan Berdaya Saing

Melalui Lomba Krenotek, Bupati Rijanto Wujudkan Blitar Semakin Maju dan Berdaya Saing

Bupati Blitar Rijanto saat membuka final lomba Krenotek di Ruang Perdana Diskominfo Kabupaten Blitar.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Bupati Blitar Rijanto membuka final lomba Kreatifitas Inovasi dan Teknologi (Krenotek) Kabupaten Blitar pada Senin (8/7/2019). Disini bupati berpesan kepada finalis agar tidak terpaku pada daerah melainkan lebih fokus akan penerapan temuan untuk membangun daerah.

Lomba yang telah dimulai sejak bulan Maret lalu ini telah diikuti 54 orang peserta. Mulai dari peserta umum hingga peserta siswa dari tingkat SMP dan SMA. Peserta di sini melakukan penemuan di bidang Teknologi bidang Agribisnis, Inovasi Teknologi Bidang Energi Lingkungan Hidup, dan Inovasi Teknologi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Masing-masing bidang akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 dengan total uang pembinaan 12,5 juta rupiah. Rencananya pengumuman pemenang akan resmi diumumkan pada minggu keempat bulan Juli 2019 dengan penyerahan hadiah minggu pertama bulan Agustus 2019 yang jadwalnya disesuaikan dengan panitia.

Bupati Rijanto mengatakan kalau penemuan-penemuan ilmiah membuat suatu daerah menjadi semakin maju dan dikenal luas di dunia. Seperti halnya Kabupaten Blitar selain dikenal dengan tokoh nasional seperti Ir. Soekarno, Soekarni, Sudanco Suprijadi, Bupati Blitar juga dikenal sebagai kota tokoh inovator.

Misal di bidang perikanan, memiliki tokoh mbah Moedjair (Mujair) yang berhasil mengubah habitat ikan mujair yang tadinya biasa hidup di air asin menjadi bisa hidup di kolam air tawar sehingga mudah dipelihara sampai sekarang. Ada juga penemuan bidang otomotif ketok magic dari Mbah Turut dari Desa Bangsri, Kecamatan Nglegok.

“Jangan lihat hadiahnya, tapi pikirkan kreativitas dan inovasinya untuk membangun daerah,” pesan Bupati Blitar di akhir sambutan yang dilanjutkan dengan pembukaan Final Lomba Krenotek 2019.

Mengingat penemuan orang kreatif ini ini bisa membantu masyarakat secara umum, kedepannya pemerintah Kabupaten Blitar akan memberi dukungan. Salah satunya membantu menerbitkan hak paten penemuan.

“Penemuan dan inovasi teknologi ini membuat masyarakat semakin sejahtera maju dan berdaya saing seperti visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Maka dari itu kita akan berikan tempat untuk menggali potensi anak-anak kita melalui lomba krenotek ini,” pungkasnya. (hms/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...