Melihat Manasik Haji Siswa RA Kabupaten Blitar, Sudah Pandai Layaknya Haji Beneran

Terlihat anak-anak sekolah RA setingkat TK sudah pandai selayaknya haji sungguhan saat manasik di Stadion Nglegok, Kabupaten Blitar Selasa (13/8/2019) kemarin.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Anak-anak sekolah Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Blitar melakukan kegiatan manasik di Stadion Nglegok pada Selasa (13/8/2019) kemarin. Kegiatan latihan ini selalu dilakukan tiap tahun di Idul Adha untuk pendidikan haji sejak usia dini bagi anak.

Manasik ini diikuti sekitar 3400 siswa dari 130 sekolah RA seluruh Kabupaten Blitar. Begitu orang tua siswa juga ikut mendampingi putra-putrinya berlatih ibadah haji dari tribun stadion.

Ketua panitia, Haji Zen mengatakan dalam kegiatan tidak menemukan kesulitan dalam melatih anak-anak. Kegiatan berjalan lancar, anak-anak terlihat hafal semua prosesi dan hafal bacaan doa pelaksanaan haji.

“Ya anak-anak RA karena disekolah memang banyak pelajaran pendidikan agama Islamnya jadi sudah paham gerakan dan doa haji. Hanya panitia mengawasi agar berjalannya rapi saja,” ujar Haji Zen.

Sementara Ketua Ikatan Guru Raydhatul Athfal (IGRA), Nurul Fauziah mengatakan kalau manasik haji ini merupakan kegitan rutin IGRA tiap Idul Adha 10 Dzulhijjah. Tujuannya untuk menanamkan iman dan takwa pada diri anak dengan belajar berhaji.

“Juga akan bisa terjalin ukhuwah islamiyah karena anaj bertemu dengan temannya dari RA seluruh Kabupaten Blitar untuk belajar persis seperti di Baitullah,” kata Nurul.

Dia berharap kedepannya kegiatan manasik ini bisa memotivasi anak untuk di masa depannya bisa berhaji ke tanah suci. “Semoga nanti bisa menunaikan haji beneran. Dengan ini akan mewujudman insan yang sholeh sholihah berguna untuk nusa bangsa,” pungkasnya. (jon)