HomeBERITAMencuat Isu Pelanggaran HAM, TGA : Mantan Kapolda Jatim Harus di Periksa!

Mencuat Isu Pelanggaran HAM, TGA : Mantan Kapolda Jatim Harus di Periksa!

Demo Aremania di Kejaksaan Kabupaten Malang Rabo (2/11/2022)

MALANG, SMNNews.co.id – Tiga puluh hari sudah pasca tragedi yang terjadi di Kanjuruhan Tim Gabungan Aremania (TGA) mendesak agar eks Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta juga diperiksa terkait Tragedi Kanjuruhan Malang.

Sekjen Federasi KontraS Andy Irfan mengatakan, pemeriksaan Nico penting dilakukan karena saat peristiwa tragedi terjadi, dirinya merupakan pucuk pimpinan kepolisian di Jatim, serta diduga sebagai orang yang memberi izin digelarnya pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Baca Juga : Meski Sudah Ditetapkan Jadi Tersangka! Kejaksaan Belum Lakukan Penahanan Terhadap Kepala BKPP Banyuwangi

“Penyidikan yang dilakukan saat ini justru tidak menyentuh pucuk pimpinan tertinggi, mengingat pertandingan itu kan juga atas izin Kapolda Jatim, sementara Kapolda jatim tidak pernah diperiksa, dan justru malah dipindah,” ungkap Andy saat dihubungi wartawan SMNNews.co.id, pada Rabu (2/11/2022).

Andy juga menjelaskan, jika ada banyak kejanggalan dalam proses penyidikan perkara Tragedi Kanjuruhan Malang yang saat ini, sudah menetapkan enam tersangka yang terdiri atas tiga sipil dan tiga polisi.

“Dan terkait dengan rekonstruksi yang telah dilakukan di lapangan oleh Mapolda Jatim tidak sesuai dengan fakta yang terjadi saat tragedi itu pada Sabtu (1/10/2022) malam di Stadion Kanjuruhan. Sementara itu untuk tiga berkas perkara yang telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, penyidikankan juga tidak dilengkapi autopsi,” pungkasnya.

Sementara itu saat dihubungi secara terpisah, Komisioner bidang Penyelidikan dan Pemantauan Komnas HAM, Choirul Anam mengungkapkan, jika dalam tragedi Kanjuruhan ada indikasi terjadinya pelanggaran HAM.

Baca Juga : Polda Metro Jaya Resmikan Gedung K9 Guna Bangun Ekosistem Kesejahteraan Satwa

“Sementara ini masih ada indikasinya pelanggaran HAM, dalam tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang,” jelasnya.

Dilain pihak pada siang hari ini, Aremania kembali menggelar demonstrasi di depan Kejaksaan Negeri Kepanjen, yang juga dihadiri oleh tokoh dan sesepuh Aremania. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pemenang Grand Prize Ramadan Wonderful Indonesia By All 2024 Grand Mercure Malang Mirama Diundi

MALANG, SMNNews.co.id - Grand Mercure Malang Mirama resmi umumkan pemenang undian Grand Prize Ramadan Wonderful Indonesia by ALL (Accor Live Limitless) di Sky Lounge...

Bai’at dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-55 Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc secara resmi melantik Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-55 tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 yang...