HomeJAWA TIMURMALANG RAYAMencuat, Wacana Uji Kompetensi dan Debat Publik untuk Cakades

Mencuat, Wacana Uji Kompetensi dan Debat Publik untuk Cakades

Ketua panitia Pilkades Desa Ngadilangkung saat mengusulkan Cakades harus ada uji kompetensi.
Malang, suaramedianasional.co.id – Kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Malang ke Desa Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen (11/4), menemukan hal menarik. Entah terimbas pilpres atau faktor lain, desa-desa banyak yang mencuatkan adanya uji kompetensi dan debat publik bagi calon kepala desa. Usulan adanya uji kompetensi dan debat publik bagi cakades ini, dikemukakan pula Ketua Panitia Pilkades Ngadilangkung, Sukardi. “Supaya ada debat publik tetang penyampaian visi dan misi calon,” katanya.
Usulan tentang uji kompetensi cakades, disambut baik okeh dewan. Pasalnya, hal itu akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih,  selain itu juga dapat diketahui dan dilihat secara langsung visi calon. “Wacana yang menarik juga, karena dapat diketahui kecakapan seorang cakades mengenai apa yang akan dilakukan saat memimpin kelak,” ungkap Didik Gatot Subroto, Ketua Komisi I.
Didik Gatot Subroto juga menyatakan, adanya uji kompetensi dan debat publik tentang visi misi, akan memberikan  pertimbangan lebih logis bagi masyarakat desa untuk memilih calon yang menurut warga itu sosok yang baik dan mumpuni.
Didik sendiri menjelaskan, kunjungan dewan tidak untuk mengkampanyekan atau mendukung cakades tertentu.
Kunker Komisi I dilaksanakan untuk melihat secara langsung persiapan pilkades di berbagai desa. “Ini kan tanggal 30 Juni sudah pilkades dan diikuti 269 desa, jadi kami ingin melihat kesiapannya,” ujar Didik.
Beberapa pra syarat harus disetorkan calon kepala desa (cakades) ke panitia seperti ijazah dan surat keterangan sehat jasmani rohani. Hanya ada beberapa rumah sakit yang dapat memberikan surat sehat rohani diantaranya RSUD Kabupaten Malang dan RS Radjiman Wedyodiningrat. “Hal ini perlu kami cek kesiapan rumah sakitnya,” ungkap Didik.
Komisi I berharap, pilkades akan berjalan lancar, damai dan sejuk dengan mengedepankan jiwa persatuan dan kesatuan warga di pedesaan. (yop)
ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...