HomeBERITAMenPAN-RB Resmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Tulang Bawang

MenPAN-RB Resmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Tulang Bawang

Peresmian Mall Pelayanan Publik Kabupaten
Tulang Bawang oleh MenPAN-RB

Tulang Bawang, SMNNews.co.id – Peresmian Mall Pelayanan Publik (MPP) Tulang Bawang (Tuba) diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, Rabu (04/11/2020).

MPP sendiri sudah lama dicita-citakan Bupati Tuba, Winarti, demi terselenggaranya pelayanan publik yang prima.

Saat peresmian tersebut, Winarti menuturkan MPP di Tuba merupakan satu-satunya di Lampung. Adanya MPP Tuba juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Peresmian dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, sehingga memang dihadiri undangan terbatas.

“MPP ini juga hanya mengandalkan gedung lawas yang selama ini terbengkalai, namun adanya MPP di Tuba tentu dapat menyederhanakan pengurusan perizinan. Ada 325 jenis layanan yang tersedia di MPP, bahkan pengurusan perizinan ini gratis,” tutur Bupati Winarti.

Terobosan baru Kabupaten Tulang Bawang dalam membuat Mal Pelayanan Publik yang pertama di Provinsi Lampung, bertujuan membuat sistem pelayanan efektif dan efisien seperti harapan masyarakat.

“Adanya MPP, pelayanan bisa diakses masyarakat lebih mudah, cepat, aman, nyaman dan tanpa pungli,” tegas Winarti.

Hadirnya MPP juga mendapat respon dan antusiasme positif dari masyarakat serta dunia usaha.

Sebanyak 325 bentuk layanan diberikan MPP Tuba secara terpadu, seperti pelayanan administrasi kependudukan, perizinan dan lain-lain, yang dilaksanakan oleh 16 OPD Pemkab Tuba dan 9 instansi vertikal.

Selain itu inovasi layanan juga dilakukan di MPP Tuba, diantaranya dengan membangun sistem pelayanan berbasis teknologi informasi atau secara online.

“Keberadaan MPP ini, selain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, juga diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan daerah melalui kemudahan perizinan bagi dunia usaha, agar kran investasi semakin terbuka untuk mendukung kesejahteraan masyarakat,” ucap Winarti.

Winarti pun menegaskan, keberadaan MPP Tuba serta adanya 25 program unggulan Bergerak Melayani Warga (BMW) adalah bagian dari semangat reformasi birokrasi. Apalagi saat ini, aparatur pemkab juga dituntut makin berkualitas dan profesional dalam melayani masyarakat.

Winarti pun berharap dukungan dan perhatian pemerintah pusat dan Pemprov Lampung termasuk Men-PAN RB, agar mengoptimalkan MPP di Tuba tersebut. (hrd)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...