HomeBERITAMenteri Kelautan dan Perikanan Didampingi Bupati Pasaman Kunjungi Areal Kolam Ikan Masyarakat...

Menteri Kelautan dan Perikanan Didampingi Bupati Pasaman Kunjungi Areal Kolam Ikan Masyarakat Jorong Rambahan Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan Didampingi Bupati Pasaman Kunjungi Areal Kolam Ikan Masyarakat Jorong Rambahan Baru.

PASAMAN, SMNNews.co.id – Tekad untuk mendirikan pabrik pakan ikan di Pasaman, jadi prioritas utama yang disampaikan Bupati H. Benny Utama kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, saat kunjungan Menteri KP ke areal kolam ikan masyarakat Jorong Rambahan Baru, Nagari Tanjung Betung, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Jumat (4/6). 

“Ketersediaan pakan ikan yang murah dan mudah, sangat diharapkan petani ikan Pasaman, dan kita berharap kedatangan Pak Menteri dapat mendorong terwujudnya hal itu,” tekad Bupati Pasaman Benny Utama. 

Dijelaskan, saat ini masyarakat pemilik kolam di daerah Kecamatan Rao, Rao Selatan dan Padang Gelugur, mendapatkan pakan ikan dengan harga cukup tinggi, minimal pelet apung seharga Rp.360 rb/karung (30 kg) dan pakan benam seharga Rp.460 rb/ karung (50 kg), dan kondisi ini cukup memberatkan. 

“Jika harga pakan dapat ditekan lebih murah, dengan berdirinya pabrik pakan yang representatif di Pasaman, kita yakin dan optimis, usaha perikanan air tawar akan lebih maju dan berkembang, dan secara langsung akan lebih mensejahterakan masyarakat perikanan Pasaman,” ujar bupati optimis.

Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono saat wawancara ‘doorstop’ dengan wartawan di pinggir kolam ikan, mengaku awalnya tidak punya agenda kunjungan ke Pasaman. 

“Namun setelah Saya ketemu Pak Bupati, saat Beliau ke Jakarta dan di Padang Panjang kemaren, Saya jadi tertarik dengan penjelasan Beliau tentang potensi dan produksi perikanan air tawar Pasaman, dan Saya begitu interes sekali ingin datang langsung ke sini,” ungkap Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono.

Sebagaimana dijelaskan Bupati, produksi ikan Pasaman mencapai 54 ribu ton per-tahun, atau sama dengan Satu triliyun rupiah pertahunnya.

“Menurut Saya mata rantai industri ekonomi budidaya ikan air tawar Pasaman cukup luarbiasa, dan Saya ingin lebih ditingkatkan dan dikembangkan lebih besar lagi. Persoalan bibit, pakan dan budidayanya nanti akan dibenahi, dan saat ini Saya bawa langsung Dirjen Budidaya dan dua staf khusus yang ahli di bidangnya,” terang Menteri KP.

Menteri Wahyu berharap, karena budidaya ikan air tawar bagus di Pasaman, maka ini bisa menjadi sebuah kekuatan, jadi model, bagaimana meningkatkan ekonomi sesuai cluster daerah di berbagai daerah di Sumatera Barat dan wilayah lainnya di Indonesia.

Setelah menyerahkan bantuan modal usaha dan bibit ikan mas mustika kepada petani ikan, Menteri Sakti Wahyu Trenggono berencana akan membantu satu unit Escafator, serta sarana prasarana untuk tenaga penyuluh.

Menyangkut pabrik pakan ikan, Menteri Wahyu Trenggono menyebut sudah minta kepada Dirjennya untuk mengadakan program pakan mandiri di Pasaman. 

Selama kunjungan di Rao, Bupati Pasaman mengajak Menteri KP melihat hamparan kolam luas (minimal satu kolam satu hektar) di daerah itu, memberi makan ikan dan melakukan panen ikan di kolam masyarakat setempat.

Dalam kunjungan menggunakan helikopter ke Pasaman, Menteri KP turut menyerahkan bantuan calon Induk Ikan Mas Mustika, menyerahkan bantuan kredit Modal LPMUKP Rp. 500 juta, dan meninjau UPR Milienal anak muda mengelola pembenihan ikan mas.

Saat ke Pasaman, Menteri KP turut membawa Direktur Jendral Budidaya ikan air tawar, dua orang staf khusus menteri, serta sejumlah pejabat kementerian kelautan dan perikanan. 

Dan di helipet lapangan bola Pasar Kauman, Bupati Benny Utama menyambut dengan Forkopimda lengkap, Sekda dan para kepala OPD jajaran Pemkab Pasaman. (mad)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...