Menuju Rumah Sehat, Satgas TMMD Bangunkan Jambanisasi

Satgas TMMD Bangunkan Jambanisasi

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Rumah yang sehat tidak hanya layak huni, namun juga perlu dilengkapi dengan kamar mandi lengkap dan jambannya. Kebiasaan hidup masyarakat buang air besar sembarangan (di sungai atau di tempat-tempat lainnya) memberikan resiko negatif.

Selain tidak sehat hal ini bisa menjadi penyebaran penyakit secara masal, seperti halnya penyebaran penyakit Hepatitis A yang menyerang masyarakat di kabupaten tetangga beberapa waktu lalu.

Ingin memberikan hunian yang sehat kepada Mbah Paikem, Satgas TMMD 105 di Trenggalek tidak hanya merehab rumah nenek ini, melaikan juga membangunkan jamban untuknya.

Kemarin satgas mulai menggali lubang guna meletakkan gorong gorong untuk sapitank. Giat Satgas ini dipimpin langsung oleh Kapten CZI Hendro Suseno. Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa jambanisasi dilkukan untjk setiap RTLH yang dibangun. Sehingga aemua rumah di desa sekitar bisa terwujud rumh sehat nyata.

Menurut Perwira TNI ini, “apa yang dilakukan oleh TMMD sebagai bentuk upaya TNI memberikan hunian yang layak dan sehat bagi masyarakat,” ungkapnya.

“Apalagi Pemerintah Kabupaten Trenggalek tengah menggalakkan program zero ODF di seluruh wilayahnya untuk menciptakan lingkungan yang sehat,” imbuh Kapten Hendro, Selasa (23/7).(pendim)