HomeBERITAMenyongsong "New Normal Life", Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh di Gresik

Menyongsong “New Normal Life”, Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh di Gresik

Kapolda Jatim Irjen pol M Fadil Imran bersama unsur Forkopimda Lakukan Peninjauan Kampung Tangguh di Kabupaten Gresik

Gresik, SMNNews.co.id – Dalam lanjutan kunjungan terkait program Kampung Tangguh menuju New Normal Life, Kapolda Jatim Irjen pol M Fadil Imran didamping Wakapolda Jatim Irjen pol Djamaludin kini melakukan peninjauan Kampung Tangguh di RW 05 Desa Cerme Kidul Kec. Cerme Kabupaten Gresik. Kamis malam, 28/05/2020.

Brigjen pol Slamet Hadi Supraptoyo (calon Wakapolda Jatim), Karo SDM Polda Jatim, Dir Binmas Polda Jatim, Kabid Humas Polda Jatim, Kabid TIK Polda Jatim dan Forkopimda Kabupaten Gresik turut hadir mengikuti giat tersebut.

Kedatangan Kapolda Jatim beserta rombongan di Kampung Tangguh tersebut tak luput dari prosedur protokol kesehatan yakni pemeriksaan suhu badan, cuci tangan, dsb.

Wahyudi Permana, selaku ketua gugus tugas RW 05  Desa Cerme Kidul Gresik menjelaskan, Sejak dibentuknya Kampung Tangguh warga yang masuk akan menjalani protokol kesehatan pemeriksaan suhu badan, cuci tangan dan mengisi buku tamu dengan maksud mengetahui keperluannya dan tujuan ke rumah siapa,” Jelasnya.

Kampung Tangguh ini, mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari Ketua gugus tugas, Koordinator relawan, Kadiv Pangan, Kadiv Pemakaman dan Kadiv keamanan ketertiban. Selain itu di Mading Posko juga disediakan nomor nomor telepon penting.

Kampung Tangguh Desa Cerme Kidul Gresik ini juga tersedia tempat penyimpanan kebutuhan pokok yang didapatkan dari sumbangan warga yang mampu serta dari pemerintah daerah, bahkan dari Donatur di sekitar kecamatan Cerme, tersedia juga tempat observasi dan pos Kamling Covid-19.

“Sesuai dengan namanya yang ditekankan pada Kampung Tangguh yaitu semangat gotong royong secara mandiri  untuk bisa mencegah dan mengatasi penularan Covid-19 bagi warga di desa atau lingkungannya,  jadi protokol kesehatan dan prinsip prinsip physical Distancing harus benar-benar dilaksanakan atau diterapkan,” Tutur Kapolda Jatim Irjen pol M Fadil Imran.

Lebih lanjut Kapolda Jatim mengatakan, “selama pelaksanaan PSBB tahap I dan II dinilai belum berhasil dan untuk PSBB tahap III ini, Polri dan TNI bersama Pemerintah pusat dan daerah akan lebih berupaya mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi physical Distancing dan protokol kesehatan untuk mencegah perkembangan Covid-19.”

“Untuk kesiapan menghadapi tatanan kehidupan baru atau New Normal Life, Polda Jatim bersama Pemerintah propinsi dan daerah sudah melakukan langkah langkah kuratif sudah dioptimalkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan dibantu oleh TNI Polri.langkah penegakan hukum, Polda Jatim bersama Pemerintah daerah berusaha melakukan penegakan hukum yang humanis dan solutif dan langkah yang terakhir yaitu upaya untuk memperkuat basis di komunitas agar masyarakat dapat berperan aktif dalam penanganan Covid-19,” pungkas Kapolda Jatim.

Dikesempatan yang sama Kabid Humas Polda Jatim Kombes pol Trunoyudo mengatakan, “Polda Jatim terus berupaya mendorong terciptanya jejaring Kampung Tangguh sebagai pengaman sosial guna menumbuhkan kemampuan warga secara mandiri untuk mencegah penularan Covid-19 serta mampu menangani permasalahan sosial akibat dampak Pandemi Covid-19 dengan sarana dan prasarana serta untuk berkomitmen secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan bagi warganya,” ujarnya.

Kombes pol Trunoyudo juga menyampaikan harapannya, bahwa Kampung Tangguh diharapkan juga sebagai pelopor atau pilot proyek untuk menyongsong tata kehidupan baru atau New Normal Life.(Bry)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...