HomeBERITAMerdeka Listrik, Sopi'i : Tak Lagi Berbagi Meteran dengan Orang Tua Berkat...

Merdeka Listrik, Sopi’i : Tak Lagi Berbagi Meteran dengan Orang Tua Berkat Bantuan Pasang Baru Listrik Pemerintah melalui PLN

Penerima bantuan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL)

Surabaya, SMN – Sopi’i (40), warga Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur merasa gembira di tengah perayaan HUT RI ke-77. Sebab, pria yang sehari-hari bekerja sebagai petugas kebersihan pemerintah Kota Batu ini mendapat bantuan dari program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang didukung oleh PLN.

Dengan adanya bantuan ini, Sopi’i tak lagi berbagi listrik dari orang tuanya. Sopi’i kini resmi menjadi pelanggan PLN.

“Terima kasih Kementerian ESDM dan PLN saya mendapat bantuan sambungan listrik gratis. Sekarang saya benar-benar merasakan arti merdeka,” ungkap Sopi’i.

Penerima bantuan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL)

Program BPBL diperuntukkan bagi rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan/atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara.

Baca Juga : Bukan Dapat Remisi! Tapi Warga Binaan Lapas Ngawi Ini Bisa Pulang ke Rumah

Program yang mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini akan menyasar 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur sendiri tercatat sebanyak 15.552 rumah tangga tidak mampu yang menjadi sasaran penerima bantuan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Ida Nuryatin Finahari menuturkan dalam program BPBL, pemerintah akan membantu pembiayaan pemasangan instalasi listrik rumah, biaya Sertifikasi Laik Operasi (SLO), Biaya Penyambungan Baru (BP) serta pengisian token listrik perdana.

“Program BPBL ini menggunakan APBN Tahun Anggaran 2022 merupakan bukti negara hadir dalam upaya peningkatan rasio elektrifikasi untuk  memenuhi target 100 persen. Semoga dengan bantuan ini, masyarakat tidak mampu mendapatkan akses listrik yang andal, aman, dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat,” terang Ida.

Senada, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran mengatakan program BPBL merupakan salah satu upaya peningkatan rasio elektrifikasi di Jawa Timur yang saat ini mencapai 99,2 persen. Secara bertahap, sebanyak 3.178 keluarga pra sejahtera yang tersebar di Bojonegoro, Jember, Madiun, Malang dan Ponorogo akan mendapat bantuan pasang baru listrik gratis pada Agustus ini.

Prosesi pemasangan bantuan listrik oleh petugas PLN

“Alhamdulillah hari ini sudah menyala sambungan baru untuk beberapa pelanggan di wilayah Batu. Semoga dengan adanya bantuan pasang baru listrik ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat, serta semoga PLN dapat terus menghadirkan terang ke seluruh penjuru negeri,” ujarnya.

PLN siap mendukung pemerintah untuk menghadirkan listrik bagi seluruh masyarakat. Langkah ini dilakukan demi mewujudkan keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga : Meriah, Peringatan Kemerdekaan RI ke-77 di Madiun Setelah Dua Tahun Anteng

Narahubung

Gregorius Adi Trianto

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN

Tlp. 021 7261122

Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (*)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar Targetkan Hattrick di Pemilu 2024 dengan Penguatan Saksi Militan

BLITAR, SMNNews.co.id - Gerbong Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ketua DPC Drs. Rijanto menyemangati para kader PDIP Kabupaten Blitar untuk bisa kembali merebut kursi...

Bangkit Menuju Endemi, Wakil Wali Kota Blitar Buka Pameran Foto

BLITAR, SMNNews.co.id - Bertempat di Gedung Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pameran Foto 'Bangkit Menuju Endemi' dibuka Wakil Wali Kota Blitar Tjuk Tjuk Sunario, dihadiri...

Jalur Alternatif Tawangargo Longsor, Kasat Lantas Polres Batu : Bagi Pengendara yang Hedak ke Kota Batu, Silahkan Ambil Jalur Lain

MALANG, SMNNews.co.id - Hujan yang mengguyur Malang Raya pada sore hari hingga malam hari mengakibatkan jalur alternatif ke Dari Kabupaten Malang menuju Kota Batu...