HomeWISATA DAN RELIGIMisteri Mitos "Kutukan Jomblo" dan Legenda Candi Dadi Tulungagung

Misteri Mitos “Kutukan Jomblo” dan Legenda Candi Dadi Tulungagung

Candi Dadi Tulungagung

TULUNGAGUNG, SMNNews.co.id – Masih menjadi misteri terdapat sebuah mitos tentang kutukan jomblo hingga usia tua bagi penduduknya. Mitos jomblo ini seringkali dikaitkan dengan keberadaan Candi Dadi di Tulungagung.

Mitos kutukan jomblo tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang tinggal di Dusun Kedungjalin, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. Dusun tersebut berada tidak jauh dari Candi Dadi. Mitos ini sudah menjadi cerita turun-temurun masyarakat sekitar, bahkan sampai sekarang masih ada masyarakat yang meyakininya.

Juru Kunci Candi Dadi, Andi Pamuji menceritakan, mitos jomblo yang ada di Dusun Kedungjalin ini bermula dari cerita lampau yang berkaitan dengan Candi Dadi. Dimana dalam cerita tersebut, ada seorang pangeran yang ingin melamar seorang putri dari Dusun Kedungjalin.

Putri tersebut mau menerima lamaran, apabila sang pangeran bisa membuat empat candi dalam waktu satu malam. Namun, sebenarnya persyaratan itu hanya sebagai dalih untuk menolak lamaran pangeran.

“Akhirnya pangeran itu memulai membuat candi seperti persyaratan yang diminta oleh putri. Ketika sang pangeran sudah menyelesaikan tiga candi, sang putri merasa bingung dan akhirnya memunculkan sebuah trik yang licik,” cerita Andi.

Lanjut Andi, ketika candi keempat hampir diselesaikan oleh sang pangeran, putri tersebut meminta ibu-ibu di Dusun Kedungjalin untuk membunyikan lesung, agar pengeran mengira waktu membuat candi sudah habis.

“Akhirnya pengeran menghentikan untuk membuat candi. Dan setelah itu pangeran baru sadar bahwa dia sudah dibohongi oleh putri. Candi yang tidak selesai itu, kini dimanakan Candi Urung,” imbuhnya.

Mengetahui tipu muslihat sang putri, akhirnya pangeran murka dan memberikan kutukan kepada perempuan di Dusun Kedungjalin tidak akan mendapatkan jodoh atau menikah hingga usia tua. 

“Memang ada sebuah mitos atau seperti kutukan bagi gadis-gadis akan sulit mendapatkan jodoh hingga usia tua. Mitos itu terkadang membuat kami takut,” tutur seorang warga Dusun Kedungjalin, Zaenap.

Namun menurut perempuan berkerudung itu, juga banyak masyarakat yang sudah tidak mempercayai mitos tersebut. Karena saat ini banyak gadis yang sudah mendaptkan jodoh. Tapi anehnya, kutukan itu seakan berbalik kepada nasib perjaka yang kini sulit mendapatkan jodoh.

“Contohnya saya yang sudah mendapatkan jodoh ketika usia muda. Tapi sekarang sebaliknya, banyak jaka yang tidak menikah dan sulit mendapatkan jodoh,” jelasnya.

Candi Urung merupakan salah satu dari empat candi yang dibuat oleh pangeran tersebut. Dan candi yang paling pertama dibuat adalah Candi Dadi. Artinya Candi Dadi dan Candi Urung masih memiliki kaitan dalam cerita rakyat tersebut. (bi/red)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...