HomeLIFESTYLEMitos dan Fakta Tentang Kolagen yang Beredar di Kalangan Masyarakat

Mitos dan Fakta Tentang Kolagen yang Beredar di Kalangan Masyarakat

Ilustrasi kolagen (google)

SMNNews.co.id – Istilah kolagen mungkin memang tidak asing bagi kebanyakan orang, terutama perempuan yang tertarik dengan dunia kecantikan. Namun tidak dipungkiri bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu kolagen, fungsi kolagen, dan juga mengapa banyak minuman ataupun suplemen kolagen.

Kolagen memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia. Dalam dunia kecantikan kolagen berfungsi untuk memastikan kulit tetap sehat dan bercahaya serta terjaga elastisitasnya.

Oleh karena itu, saat kadar kolagen di dalam tubuh tinggi, maka secara otomatis kulit akan menjadi lebih kenyal dan kencang. Selain itu, orang yang kebutuhan kolagennya tercukupi juga akan memiliki tekstur kulit yang lebih sehat sehingga terlihat lebih awet muda.

Saat ini perkembangan teknologi juga sudah semakin pesat, sehingga dengan kehadirannya kita dapat mencari banyak informasi mengenai kolagen.

Namun tahukah kalian jika masih banyak mitos yang tersebar di kalangan masyarakat mengenai kolagen?

Lalu apasajakah mitos tersebut? Dan bagaimana faktanya?

Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

1. Semua Kolagen Sama Saja, Karena Setiap Protein Pasti Mengandung Kolagen

Ilustrasi fungsi kolagen dalam tubuh (google)

Mitos yang pertama adalah “semua kolagen sama”, padahal pada kenyataannya kolagen memiliki banyak tipe.

Kolagen memang merupakan salah satu protein yang paling melimpah yang ditemukan di dalam tubuh manusia, dimana ⅓ kandungan protein dalam tubuh terdapat kolagen yang memiliki peranan penting untuk kesehatan kulit, otot, tulang, dan ligamen.

Tetapi, ternyata tidak semua kolagen sama. Pada dasarnya ada banyak tipe kolagen jika dilihat dari sumbernya, yaitu ada bovine yang merupakan kolagen dari sapi, porcine adalah kolagen dari babi, dan marine yang merupakan kolagen dari ikan.

Perbedaan dari ketiganya adalah pada kecepatan saat masuk ke dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, marine collagen atau kolagen yang berasal dari ikan adalah jenis kolagen yang paling cepat masuk ke dalam darah, dimana kecepatannya 1,5 kali lebih cepat dibanding dua jenis kolagen lainnya.

2. Menggantikan Kolagen dalam Tubuh yang Sudah Hilang Adalah Tidak Mungkin

Ilustrasi penurunan jumlah produksi kolagen (google)

Mitos yang satu ini merupakan salah satu kekeliruan yang paling banyak didengar dan dipercaya oleh orang-orang. Mereka percaya bahwa tidak mungkin bagi tubuh manusia untuk dapat menggantikan kolagen yang hilang.

Padahal faktanya, tubuh bisa memproduksi kolagen sepanjang hidupnya, hanya saja jumlah produksinya tersebut akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Oleh karena itu, jika ingin produksi kolagen di dalam tubuh tetap melimpah dan tidak berkurang jumlahnya karena bertambahnya usia, perlu mengonsumsi makanan yang menyehatkan seperti makanan nabati yang kaya akan Vitamin C dan suplemen penambah kolagen nabati yang diproduksi secara alami.

3. Karena Tubuh Dapat Menghasilkan Kolagen, Jadi Tidak Perlu Lagi Mengonsumsi Suplemen

Ilustrasi suplemen kolagen (google)

Tubuh memang bisa menghasilkan kolagen sepanjang hidup, tetapi bukan berarti tidak membutuhkan suplemen, sebab kolagen yang dihasilkan oleh tubuh akan terus berkurang seiring dengan usia yang bertambah.

Diketahui produksi kolagen dalam tubuh akan mengalami penurunan di akhir usia 20-an, apalagi jika memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dan pola makan yang tidak dijaga.

Kemudian, saat usia mencapai 50 tahun, jumlah simpanan kolagen di dalam tubuh hanya akan ada setengahnya saja dibandingkan ketika usia lebih muda, selain itu kemampuan tubuh dalam mengolah protein menjadi kolagen juga akan mengalami penurunan.

Manfaat suplemen kolagen di sini memang bukan langsung membuat orang menjadi lebih awet muda, tetapi setidaknya suplemen ini dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh dengan cepat, dimana kolagen yang telah terhidrolisasi sampai ke level molekul paling kecil dapat lebih mudah diproses oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, suplemen kolagen juga umumnya bisa menghilangkan kerutan pada wajah, meningkatkan kelembapan kulit, sampai menambah elastisitas kulit.

4. Kolagen Hanya Penting Bagi Kulit dan Persendian Saja

Ilustrasi tulang sendi (google)

Kolagen memang bertanggung jawab dalam menjaga tingkat elastisitas kulit, mendukung struktur otot serta organ vital, dan membantu melindungi sendi yang ada di sekitar tulang. Tetapi, ternyata fungsi kolagen tidak terbatas hanya pada itu saja.

Kolagen juga menjadi perekat alami yang merekatkan tubuh dengan melekatkan otot-otot yang ada, serta tulang dan juga kulit, yang kemudian memastikan bahwa semuanya dapat bekerja secara harmonis.

Selain itu, kolagen juga membantu menjaga elastisitas alami dan kelenturan kulit, tulang, dan otot sambil memastikan kalau semuanya bekerja secara satu kesatuan.

Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa kolagen bukan hanya penting bagi kulit dan sendi saja tetapi juga untuk tulang dan otot.

5. Krim Kolagen dapat Membuat Kulit Menjadi Lebih Kencang dan Elastis

Ilustrasi pemakaian krim kolagen (google)

Kebanyakan orang berpikir bahwa krim kolagen dapat membantu meningkatkan kadar kolagen di kulit dan juga meningkatkan elastisitas, dimana sebenarnya ini hanya benar sebagian saja.

Kenyataannya, molekul kolagen dalam bentuk krim ukurannya sangat besar yang artinya krim kolagen tidak akan bisa meresap ke lapisan epidermis untuk menyuburkan kulit. Ini hampir berarti bahwa kolagen tidak efektif untuk hal ini.

Tapi, tidak perlu khawatir, sebab krim kolagen masih tetap bisa digunakan untuk membantu melembabkan kulit dan menyamarkan garis-garis halus serta kerutan pada kulit.

Selain itu, bagi orang yang sedang melakukan diet juga perlu mengonsumsi pembangun kolagen agar diet menjadi lengkap dan kulit tampak lebih muda sekaligus bercahaya. Itu dia beberapa mitos yang beredar mengenai kolagen serta fakta sebenarnya, yang setiap orang khususnya perempuan perlu untuk mengetahuinya. Semoga setelah ini tidak ada lagi mitos-mitos soal kolagen ya! (ty/bn)

BERITA TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA